Warga Kalampangan Ciptakan Agrowisata dengan Budidaya Buah Naga

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Saat ini Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya terkenal sebagai daerah penghasil berbagai komoditi pertanian dan peternakan.

Selain sayur mayur, holtikultura, dan peternakan khususnya sapi, saat ini warga Kalampangan mulai membudidayakan berbagai buah-buahan seperti jambu dan buah naga.

Hasilnya cukup menggembirakan. Tanaman buah naga tumbuh subur di wilayah Kalampangan. Saking suburnya, saat ini Kalampangan menawarkan destinasi agrowisata.

“Di Kalampangan sudah ada kawasan flat yang dicanangkan oleh CINTROF sebagai kawasan forestry dan agrowisata. Saat ini orang sudah pada datang. Mereka sudah bisa memetik buah naga dan jambu,” ucap Lurah Kalampangan, Hadi Suwandoyo, Senin (15/10/2018).

Saat ini di Kalampangan ada lebih 20 hektare yang sudah dikembangkan sebagai kawasan forestry dan agrowisata, namun yang sudah produktif baru sekitar 12 hektare.

Produk unggulan dari Kelurahan Kalampangan ini disampaikan Hadi Suwandoyo saat mengikuti paparan dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Palangka Raya.

Hadi berharap adanya kawasan forestry dan agrowisata ini bisa dimasukan menjadi salah satu produk unggulan dalam penelitian oleh Litbang Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan