Walikota Yang Baru Harus Pedomani RKPD

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya HM Riban Satia menegaskan, program-program yang telah disusun dan direncanakan dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2019, harus dipedomani oleh walikota Palangka Raya yang akan datang.

“Sebab RKPD yang disusun menjadi acuan dalam penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) periode III 2018-2023,” ungkap Riban, saat memimpin rapat koordinasi bersama jajaran SOPD lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, Selasa (15/5/2010), di Aula Bappeda Kota Palangka Raya.

Pun begitu kata Riban, masih ada pengecualian, apabila walikota mendatang ingin melakukan perubahan, yakni dapat dilakukan saat anggaran perubahan mendatang.

“Aturannya memang seperti itu, dan berbeda dengan aturan atau  sistem yang dipakai sebelumnya,” terangnya lagi.

Dalam rapat tersebut Riban mengingatkan  seluruh SOPD yang ada, dapat belajar dan berkaca dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana banyak program-program yang tidak tuntas, akibat SOPD membuat program baru lagi.
“Inilah yang tidak tepat,”tandasnya.

Sedangkan, apabila dikaitkan program RKPD dengan program dari musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang), maka SOPD harus mampu memperhitungkan skor tertinggi realisasi program yakni, apakah  program tersebut mendesak untuk dilakukan atau tidak. Lalu, apakah sesuai dengan kualitas dan kuantitas atau tidak.

“Ini juga yang harus dipikirkan SOPD, karena yang harus dilihat sedemikian perlu atau mendesaknya program itu bagi kepentingan masyarakat luas,” jelas Riban.

Dalam kesempatan itu Riban juga  menyoroti dari kinerja SOPD dalam menyusun program selama ini. Bagaimana program itu dapat tuntas dengan baik, kalau ditahun berikutnya SOPD tidak memprogramkan lagi program kelanjutan atau dianggarkan kembali.

“Contoh program pembangunan komplek perkantoran Pemko jalan lingkar dalam. Itu harus selalu diprogramkan dan dianggarkan setiap tahun hingga tuntas. Dengan begitu, capaian kinerja SOPD terkait  bisa terealisasi dengan baik dan tuntas,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan