Jangan Ikut-ikutan Sebar Konten Negatif Aksi Terorisme

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kota Palangka Raya, Murni D Djinu mengingatkan sekaligus menghimbau seluruh masyarakat Kota Palangka Raya, agar tidak ikut menyebarluaskan konten negatif yang berkaitan dengan aksi terorisme yang terjadi di Kota Surabaya-Jawa Timur.

“Hal ini juga merupakan himbauan secara resmi Kementrian Kominfo, agar masyarakat tidak menyebarkan konten negatif tersebut,” ungkapnya, Selasa (15/4/2018).

Himbauan sekaligus larangan itu lanjut Murni, antara lain, tidak menyebarluaskan atau memviralkan konten baik dalam bentuk foto atau video korban aksi terorisme maupun komentar-komentar negatif ke media apapun.

Hal tersebut dimaksudkan supaya masyarakat tidak terpengaruh secara psikologis, sedangkan dari sisi kamtibmas maka bisa saja akan berdampak dalam banyak hal, seperti memancing emosi dan keresahan di masyarakat.

“Intinya, jangan ditambah lagi suasana keresahan baru ditengah masyarakat. Inilah yang harus dijaga, sehingga timbul himbauan dan anjuran untuk tidak menyebarluaskan sebagaimana dimaksud,” tegas Murni.

Di Palangka Raya sendiri tambah dia, aparat terus bergerak menghadapi dinamika yang berkembang. termasuk DKISP Kota Palangka Raya, tetap memantau akun atau konten yang digunakan masyarakat. 

“Bila ditemukan ujaran kebencian atau terkait hal dimaksud, maka kita akan koordinasikan dengan aparat terkait,” tandasnya.

Tak hanya itu saja sambung Murni, jika masyarakat ada menemukan konten yang tak layak, maka segera melaporkan ke aparat terkait atau ke kanal aduan kominfo sesuai dengan himbauan Menteri Kominfo Rudiantara pada pertemuan dengan blogger dan media di Palangka Raya pada Sabtu, 12 Mei yang lalu, yakni https://aduankonten.id (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan