Walikota Meninjau Rumah Potong Unggas

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya Riban Satia bersama Wakil Walikota Palangka Raya dan beberapa kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) meninjau rumah potong unggas (RPU) di Kelurahan Kalampangan, Sabtu (18/11/2017).

Peninjauan ini dilakukan Riban dan Mofit seusai berolahraga naik sepeda dengan rute dari rumah jabatan Jalan Diponegoro-Pelabuhan Bukit Pinang Kelurahan Tanjung Pinang kemudian dilanjutkan ke Kelurahan Kalampangan.

RPU ini baru dibangun dan belum dioperasionalkan, karena masih tahap finishing. Di RPU ini Riban dan Mofit menyempatkan diri untuk mengecek kondisi fisik RPU yang baru selesai dibangunnya. Lokasi RPU berjarak sekitar 500 meter dari rumah potong hewan (RPH).

Menurut Mofit, nantinya RPU ini mampu melayani penyembelihan sekitar 5.000 ekor unggas per hari. Jika misalnya kebutuhan unggas untuk warga Kota Palangka Raya 10.000 per hari, maka separuhnya bisa dicukupi dari RPU Kalampangan.

Mofit menegaskan nantinya semua unggas hidup, baik itu hasil peternakan dari warga Palangka Raya maupun dari luar daerah wajib disembelih di RPU Kalampangan. Dengan begitu selain akan mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD) juga dari segi kehalalannya terjamin.

Karena itu dalam operasionalnya nanti RPU ini akan diawasi oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya. “Saya minta kepada dinas teknis untuk segera melengkapi izin dan mengurus sertifikat halalnya,” pesannya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan