UKS Harus Wujudkan Sekolah Yang Bersih dan Sehat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang ada disetiap jenjang pendidikan sekolah di Kota Palangka Raya, diharapkan  mampu membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat dan bersih melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah.

Harapan tersebut disampaikan Asisten II Setda Kota Palangka Raya, Ikhwansyah saat membuka sosialisasi UKS, di ruang Peteng Karuhei (PK) I kantor walikota Palangka Raya, Kamis (30/8/2018).

Menurut Ikhwansyah, UKS  yang ada disetiap jenjang pendidikan sekolah diharapkan mampu menjalankan fungsi dan perannya dengan tujuan akhir mengantarkan sekolah maupun peserta didik  dalam hal peningkatan mutu pendidikan.

Sekolah juga harus berupaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat, terutama melalui program serta usaha pendidikan pentingnya penerapan kesehatan di lingkungan sekolah.

“Sekolah dgn lingkungan yang sehat akan melahirkan pendidikan yang berkualitas dan anak didik yang kompeten dan berprestasi,” tuturnya.

Karena itulah kata dia, pentingnya keberadaan UKS harus ditanamkan bagi peserta didik, dimana kesehatan itu tidak hanya didapat dari pusat-pusat kesehatan semata, tetapi melalui sekolah juga bisa dijalankan.

“Melalui sosialisasi UKS ini, kita harapkan ada sinergitas dan pemahaman yang sama disetiap jenjang sekolah, yakni bagaimana  mengarahkan sekolah menjadi lingkungan belajar yang sehat. Baik bagi peserta didik, pendidik maupun lingkungan sekolah,” tutupnya.

Adapun sosialisasi yang dilaksanakan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada  Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palangka Raya, itu diikuti para guru-guru pembina UKS sekota Palangka Raya, mulai dari tingkat PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA/SMK. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan