Saatnya Kecamatan Jekan Raya Memilih Damang Kepala Adat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya menggelar kegiatan pemilihan Damang dan kepala adat, Kamis (3/5/2018).

Acara pemilihan yang digelar di Aula Kecamatan Jekan Raya itu, dihadiri Asisten I Sekda Kota Palangka Raya, Ikhwansyah mewakili Walikota Palangka Raya HM Riban Satia, dan Ketua Harian DAD Kota Palangka Raya, Mambang I Tubil.

Camat Jekan Raya, Saipullah dalam sambutannya mengatakan, Damang merupakan mitra camat dan mitra Dewan Adat Dayak (DAD) yang bertugas dalam pelestarian adat dan penegak hukum adat Dayak yang memiliki masa jabatan 6 tahun.

“Dalam pemilihan ini, para calon Damang telah melewati berbagai tahapan yang telah ditentukan. Mulai dari pendaftaran hingga berbagai tes yang diselenggarakan,” ungkapnya.

Kecamatan jekan Raya kata Saipullah, ingin memilih Damang yang cerdas untuk membina dan memimpin masyarakat adat yang saat ini kuat dalam menghargai adat Dayak.

Sementara itu Asisten I Sekda Kota Palangka Raya, Ichwansyah sesaat sebelum membuka acara pemilihan Damang mengatakan, tugas Damang kepala adat cukup berat. Selain menjadi perpanjangan tangan pemerintah terkait permasalahan adat di tengah masyarakat, Damang juga memiliki kewajiban membantu masyarakat untuk meningkatkan iman dan ketakwaan.

“Bukan sekedar menyelesaikan permasalahan sengketa adat, tetapi seorang Damang harus menjadi contoh tauladan dan menjadi pedoman masyarakat dalam banyak hal,”paparnya.

Diharapkan kata Ichwansyah, Damang yang terpilih dapat  menjalankan tugasnya dengan baik, tulus, ikhlas sehingga dapat menjadi  mitra yang baik bagi pemerintah.

Adapun dalam pemilihan Damang Jekan Raya itu, diramaikan oleh persaingan empat calon Damang, yang akan bertarung dalam pemilihan. Diantaranya Kardinal Tarung, Walter Sungan, Darius Hindu, dan Odhe Sian Sawal. (MC. Isen Mulang.1)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan