Peserta Pingsan Warnai Pertandingan Lomba Jukung Tradional (Dayung)

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Peserta pingsan warnai pertandingan lomba jukung tradisional (dayung) dalam kegiatan Festival Budaya Isen Mulang tahun 2018 yang diselenggarakan di Kabupaten Kuala Kapuas, Kamis ( 03/05/2018)

Kebanyakan peserta yang pingsan berasal dari lomba beregu putri, kemungkinan akibat minimnya pemanasan sebelum melaksanakan lomba, ungkap Lodewik, dewan juri lomba jukung tradisional (dayung).

Hal ini dibenarkan oleh official lomba jukung tradisional Kabupaten Kuala Kapuas, Ahmad Subhan karena mengingat minimnya waktu pemanasan sebelum lomba berlangsung sehingga membuat 3 peserta beregu putri dari Kabupaten Kuala Kapuas mengalami kram otot dan juga pingsan.

Namun juga dia juga menyampaikan banyak faktor yang mengakibatkan hal tersebut, bisa juga karena kondisi alam yang kurang mendukung seperti panas terik dan juga angin yang lumayan kencang di lapangan saat berlangsungnya lomba.

Kondisi sarana dan prasarana juga tidak memadai dan tidak sesuai dengan standar, ia mencontohkan jukung tersebut sangat susah dikendalikan sehingga lumayan menguras tenaga peserta lomba karena selain mendayung peserta juga harus mengendalikan jukung agar tidak oleng.

Kedepanya dia mengharapkan  agar panitia lomba juga memperhatikan sarana dan prasarana lomba yang sesuai dengan standar atau bila perlu diuji terlebih dahulu, ungkapnya (MC. Isen Mulang/ engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan