Ruang Pelayanan Di Dinas Dukcapil Diminta Lebih Dibenahi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Fasilitas penunjang pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya diharapkan dapat lebih dibenahi. Hal tersebut bukan tanpa sebab, pasalnya fasilitas seperti kursi tunggu hingga loket yang kurang banyak menyebabkan warga harus mengantri sambil berdiri, hingga menumpuk di luar gedung.

Kabid Pengelolaan, Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Palangka Raya, Lukmanul Hakim, tidak menepis bila kondisi ruang pelayanan Disdukcapil tidak mampu menampung jumlah warga yang datang untuk mendapatkan layanan administrasi data kependudukan.

Pun demikian kata dia, kondisi tersebut hanya terjadi dalam beberapa pekan terakhir, terutama sejak pasca libur hari raya Idul Fitri, jumlah warga yang melakukan pengurusan data kependudukan sangat tinggi, hingga mencapai 20 persen kenaikan pelayanan dari hari biasanya.

“Pelayanan yang dilakukan mulai perekaman e-KTP menjelang Pilwalkot yang lalu, legalisir e-KTP dan KK untuk keperluan mengurus anak didik masuk sekolah, hingga syarat untuk menjadi Caleg bagi warga yang ikut partai politik,” ungkapnya, Minggu (8/7/2018).

Selain itu tambah dia, permintaan pengurusan data kependudukan seperti pembuatan akte kelahiran, perkawinan hingga pembuatan kartu identitas anak (KIA) juga menambah membludaknya warga yang datang untuk mendapatkan pelayanan di Disdukcapil.

“Ya, kita sudah menyiasati dengan membuka loket untuk beberapa hari dibagian bawah bangunan kantor, mengingat gedung ini berdiri dengan tiang tinggi,” bebernya.

Dalam kondisi demikian imbuh Lukmanul, pihaknya tidak bisa berbuat banyak mengingat kondisi maupun kapasitas ruangan pelayanan pada Disdukcapil memang begitu adanya.”Loketnya yang disediakan dirasa cukup. Kalaupun warga yang datang banyak, maka sudah barang tentu harus ngantri hingga keluar kantor,”tutupnya singkat. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan