Polres Palangka Raya Launching Aplikasi Sigapra

 

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Polres Palangka Raya meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Siaga Polres Palangka Raya (Sigapra) di lokasi car free day Bundaran Besar, Kota Palangka Raya, Minggu (17/12/2017).

Sigapra ini dilaunching di Panggung Suara Kebangsaan yang diadakan oleh Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya. Secara simbolis Sigapra dilaunching oleh Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar.

Launching layanan dunia maya ini juga dihadiri Walikota Palangka Raya Riban Satia, Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, Komandan Kodim 1016 Palangka Raya, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Palangka Raya Baihaqi.

Hadir pula Asisten I Sekretariat Daerah Kota Palangka Raya Ikhwansyah, dan Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya Januminro, dan masyarakat yang kebetulan saat itu sedang bersantai diacara car free day.

AKBP Timbul Siregar menjelaskan dengan aplikasi ini memudahkan polisi dan masyarakat yang akan berurusan. Sebab dalam aplikasi ini disediakan layanan SIM online, layanan untuk mengurus surat keterangan catatan kepolisian (SKDK), dan layanan aduan.

Aplikasi ini bisa diunduh melalui play store pada telepon seluler android. Dengan adanya layanan ini masyarakat tidak perlu datang ke kantor polres untuk mengurus SIM, SKCK, maupun memberikan aduan yang bersifat urgen.

Menurut kapolres, khusus pembuatan SIM baru tidak bisa melalui online, tapi harus datang ke kantor, karena harus dilakukan tes, kecuali untuk perpanjangan SIM cukup mengisi permohonan melalui aplikasi yang sudah disediakan dalam layanan ini.

Kemudian dalam layanan aduan, di sistem layanan Sigapra ini disediakan kotak aduan. Di sistem ini juga disediakan tombol aduan. Jika tombol tersebut ditekan, maka polisi bisa mengetahui posisi warga yang mengadu, sehingga bisa langsung ditindaklanjuti.

Sementara itu Walikota Palangka Raya Riban Satia menyambut positif diluncurkan layanan Sigapra. Menurutnya layanan ini sangat membantu masyarakat dan memudahkan anggota dalam rangka menunjang tugas kepolisian.

Riban berharap layanan Sigapra ini bisa dikoneksikan dengan layanan smart city milik Pemerintah Kota Palangka Raya yang dikelola Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan