Palangka Raya Kota Harati, Sambut Wacana Pemindahan Ibukota

MEDIA CENTER, Palangka Raya – “Palangka Raya kota Harati menyambut wacana pemindahan ibukota” adalah menjadi tema dari kegiatan seminar nasional yang digelar Pemerintah Kota Palangka Raya bekerjasama dengan Program Pendidikan Vokasi  Universitas Indonesia, Universitas Palangka Raya dan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, yang mengambil tempat di Hotel Pullman Jakarta Indonesia, Selasa (18/9/2018).

Seminar nasional dengan tajuk optimalisasi penataan ruang Kota Palangka Raya itu dihadiri langsung Walikota Palangka Raya HM Riban Satia dan wakilnya Mofit Saptono Subagio, Ketua DPRD Kota Palangka  Raya Sigit K Yunianto, anggota DPR-RI asal Kalteng, anggota DPD Perwakilan Kalteng, Kapolres Palangka Raya, seluruh kepala dinas dan badan se Kota Palangka Raya dan seluruh pimpinan perguruan tinggi di Kota Palangka Raya.

“Tujuan pelaksanaan seminar nasional pada hari ini sangat strategis dalam rangka memperkaya ruang kajian mewujudkan Kota Palangka Raya ideal dimasa akan datang, terutama untuk memperkuat posisi tawar Kota Palangka Raya sebagai calon ibu kota pemerintahan RI,” ungkap Walikota Palangka Raya HM Riban Satia dalam sambutannya pada seminar tersebut.

Menurutnya, kajian optimalisasi penataan ruang dapat menjadi solusi terbaik bagi pengembangan kawasan perkotaan, karena dapat memenuhi kebutuhan masa kini, tanpa mengurangi kemampuan untuk memenuhi kebutuhan generasi mendatang.

Dalam arti luas, pemindahan ibukota harus mampu mengelola penataan kota. Sebuah kota harus mempunyai nilai estetika dan suasana yang baik agar kota tersebut nyaman. Sebab itulah penataan sebuah kota harus optimal.

“Kota Palangka Raya mempunyai cita-cita luhur terutama dari pendahulu Bung Karno yang memiliki konsep  3M untuk Kota Palangka Raya, yakni modal, model dan modern,” papar Riban.

Adapun dalam seminar itu diundang pula para pemateri/ narasumber, antara lain  Airin Rachmi Diany yang merupakan  Walikota Tangerang Selatan, Yayat Supriatna Pakar Perkotaan dan Antony Sihombing, Ahli Perancangan Perkotaan, Universitas Indonesia.

Dalam kesempatan itu Walikota Palangka Raya HM Riban Satia juga diminta menjadi pemateri dan narasumber kegiatan seminar.  Pada kesempatan tersebut walikota berbicara tentang  penataan ruang Kota Palangka Raya.

Seminar ini juga menghadirkan pemakalah dari berbagai provinsi di Indonesia yang menyajikan hasil studi  mereka terkait dengan pengembangan tata kota di provinsinya masing-masing. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan