Palangka Raya Juara I Karnaval Festival Budaya Isen Mulang

MEDIA CENTER, Kapuas – Kota Palangka Raya akhirnya berhasil meraih juara I lomba karnaval pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Kabupaten Kapuas, Rabu (2/5/2018).

Yang membuat kontingen Palangka Raya berhasil meraih juara I dengan nilai 960 mereka mengangkat miniatur berbentuk perahu naga dengan hias yang dibuat sangat mewah dan bagus, asli hasil karya seni yang digarap sendiri oleh tim kreative. Selain itu para peserta karnaval sangat kompak dan disiplin saat mulai star hingga finish.

Sementara itu juara II diraih oleh kontingen Kabupaten Katingan dengan nilai 940 dan juara III peserta dari Kabupaten Murung Raya dengan nilai 938.

Sedangkan untuk kategori peserta dari perguruan tinggi juara I adalah Universitas Palangka Raya dengan nilai 929, juara II Sekolah Tinggi Islam Negeri Kistren Palangka Raya dengan nilai 918, dan juara III kontingen Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Palangka Raya dengan nilai 925.

Selanjutnya untuk kategori SOPD, BUMD, BUMN, TNI, Polri sebagai juara I adalah Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah dengan nilai 902 dan juara III Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah dengan nilai 862.

Lomba karnaval ini dinilai oleh tiga juri yakni Jaya Stevanus, Rustam Efendi, dan Thoeseng TT Asang. Adapun yang dinilai dalam lomba ini adalah warna yang dominan dalam adat Dayak, kemudian keaslian dari setiap nilai budaya.

Tim penilai memberikan nilai yang tinggi terhadap karya yang natural, sedangkan kreasi hasil printing dinilai sedikit, karena tidak mencerminkan keahlian personal. (MC. Isen Mulang/ Foto : Abe)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan