Kotawaringin Timur Juara I Lomba Tari Pesisir

MEDIA CENTER, Kapuas – Nyaringnya suara musik tradisional membuat gemuruh suasana di dalam Gedung Olahraga Panunjung Tarung, Kabupaten Kapuas mengawali pembukaan lomba tari pesisir, Rabu (2/5/2018) malam. 

Lomba tari pesisir yang digelar dalam rangka Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat provinsi yang diikuti 13 kabupaten dan 1 kota ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan. 

Dalam lomba ini tim tari dari Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur tampil apik dan kompak. Tarian mereka membuat para penonton dan tiga dewan juri takjub. Alhasil, penampilan mereka bisa menghantarkannya untuk meraih juara I. 

Dalam tariannya, para penari asal Sampit ini menceritakan tradisi simah laut. Tradisi ini dilaksanakan setiap tahun saat permulaan angin musim barat yaitu antara Oktober sampai Desember di Pantai Ujung Pandaran, dengan judul tarian Larungan Doa.

Tradisi ini bermakna sebagai upaya pendekatan masyarakat terhadap laut secara baik dengan maksud supaya segenap unsur yang menghuni laut bisa diajak berkompromi dan bersikap ramah terhadap mereka. 

Sementara itu juara II lomba tari pesisir diraih oleh tuan rumah Kabupaten Kapuas dan juara III Kota Palangka Raya. Sedangkan juara harapan I adalah Kabupaten Barito Utara dan juara harapan II Kabupaten Kotawaringin Barat. 

Dalam lomba ini dewan juri juga memberikan penghargaan kepada penata tari terbaik peserta dari Kabupaten Kotawaringin Timur, penata musik terbaik dari Kabupaten Barito Utara, dan penata artistik terbaik Kabupaten Murung Raya. (MC. Isen Mulang)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan