Pahandut Juara Umum MTQ XLIII Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Ajang pelaksanaan MTQ XLIII tingkat Kota Palangka Raya tahun 2018 dengan tuan rumah penyelenggara Kecamatan Jekan Raya secara resmi ditutup oleh Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, Selasa malam (6/3). 

Pelaksanaan MTQ yang digelar sejak tanggal 3 sampai 6 Maret 2018 dengan mengambil tempat di kompleks Islamic Center Masjid Darussalam IAIN Kota Palangka Raya tersebut, menetapkan Kecamatan Pahandut menjadi juara umum dan sekaligus menerima piala bergilir tahunan .

Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio  dalam sambutannya menghimbau kepada semua peserta MTQ, untuk lebih meningkatkan lagi prestasi belajar dan membaca Al-Quran, sekaligus mempersiapkan diri pada pelaksanaan MTQ tingkat Propinsi  Kalteng di Kabupaten Pulang Pisau, sehingga nantinya dapat meraih prestasi yang terbaik. 

“Saya yakin kalau kita betul-betul disiplin dan bersemangat dalam latihan, Insyaallah kita mampu meraih yang terbaik pada ajang MTQ tingkat provinsi nantinya, “harap Mofit. Kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Palangka Raya, Mofit meminta hendaknya lembaga tersebut mempersiapkan segala sesuatunya secara efektif melalui penguatan  latihan, penguatan dedikasi dan disiplin  dengan memanfaatkan waktu yang tersisa.

Dalam kesempatan itu Mofit juga berpesan, bagi peserta  yang belum berkesempatan mendapat juara  pada ajang ini agar jangan berkecil hati dan terus belajar.
“Karena Al-Quran tujuan utamanya tidak hanya meraih juara, melainkan agar budaya membaca dan memahami Al-Quran benar-benar tertanam dalam jiwa setiap muslim,”ungkapnya.

Sementara itu Ketua LPTQ Kota Palangka Raya H. Baihaqi mengatakan, dalam MTQ kali ini diikuti sebanyak 221 Qori dan Qoriah dan selama berlangsungnya MTQ ini kata dia, para qori dan qoriah telah mengikuti kegiatan yang dimusabaqahkan yakni lomba Musabagah Tilawah Al-Quran golongan anak-anak dan remaja serta dewasa, Musabagah Hifjil Quran dengan beberapa golongan juz. Lalu lomba Musabagah Syarh Al Quran, lomba Musabagah Khat Al Quran yakni untuk golongan naskah, golongan hiasan Mushab, golongan dekorasi dan khat kontemporer serta  Lomba Musabagah Qiraat Quran golongan anak-anak dan remaja serta dewasa.

“Diharapkan dari ajang ini mampu melahirkan generasi Qurani yang handal, dengan mampu meningkatkan terus kemampuan membaca, menghafal dan menghayati serta mengamalkan isi yang terkandung didalam Alquran,”tuturnya.

Adapun secara berurutan yang menjadi juara pada pelaksanaan MTQ XLIII tingkat Kota Palangka Raya tahun 2018, berdasarkan keputusan Dewan Hakim, adalah Kecamatan Pahandut sebagai juara satu (juara umum), Juara II Kecamatan Rakumpit , juara III Kecamatan Jekan Raya, juara IV Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Sebangau menduduki urutan terakhir juara V.

Penutupan MTQ XLIII tingkat Kota Palangka Raya tahun 2018 juga dirangkai dengan  pengumuman pemenang sekaligus penyerahan hadiah kepada para qori dan qoriah yang berhasil menjadi juara. (MC. Iseng Mulang1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan