Cegah Dini Bencana Asap Tahun 2018 di Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya bersama dengan  jajaran Forkompinda setempat, menggelar pembentukan Tim Satgas penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dilaksanakan di Aula Peteng Karuhei (PK) II Kantor Walikota Palangka Raya, Selasa (6/3/2018). 

“Pada prinsipnya pembentukan Tim Satgas Karhutla Kota Palangka Raya ini adalah bagian dari kesiapan mengantisipasi Karhutla, agar 2018 Kota Palangka Raya khususnya  terbebas dari asap,’ ungkap Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Supriyanto. 

Menurutnya, langkah kesiapan  dalam menanggulangi karhutla sangat penting dilakukan sejak dini, termasuk langkah-langkah kesiapan mengenai armada untuk memadamkan api.

“Kesiapan penanggulangan karhutla walaupun tidak ada bencana yang bersifat darurat bencana namun kita bergerak tidak hanya waktu terjadi bencana, melainkan sebelumnya. Maka tim harus sudah disiapkan,” ungkap Supriyanto.

Pada prinsipnya lanjut dia, tim yang terbentuk akan  siap mencegah Karhutla. Bahkan jauh sebelumnya pihak BPBD terus memantau dan melakukan atensi terhadap kondisi yang merupakan bagian dari tahap pencegahan, maupun dilakukan melalui  mitigasi seperti patroli dan sosialisasi.

“Pengawasan dan pemantauan daerah rawan karhutla harus tetap dilakukan semua demi untuk pencegahan. Kita bertekad tahun 2018 ini Palangka Raya kembali terbebas dari asap seperti tahun sebelumnya,” harap Supriyanto. (MC. Iseng Mulang1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan