Mahasiswa Muhammadiyah Kuliah Lapangan ke DPRD Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Puluhan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) melakukan kuliah lapangan dengan mendatangi kantor DPRD Kota Palangka Raya, Selasa (19/12/2017).

Di gedung wakil rakyat ini mereka diterima oleh Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit Karyawan Yunianto dan Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya Ida Ayu Nia Anggraini.

Hampir 1,5 jam para mahasiswa jurusan Fisip UMP ini mendapatkan kuliah singkat dari ketua dewan. Mahasiswa diberikan pengetahuan tentang tugas dan fungsi lembaga dewan.

Tidak hanya itu, Sigit juga menjelaskan tugas dewan juga salah satunya sebagai penyelenggara pemerintahan bersama eksekutif. Fungsi dewan juga berhak memantau pelaksanaan pembangunan.

Sementara itu Plt Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara Fisip UMP, Novianto Eko Wibowo mengatakan kunjungan mahasiswa ke kantor dewan ini merupakan bagian dari proses perkuliahan mahasiswa.

Sebab selama ini para mahasiswa tidak hanya mendapatkan materi secara teori di dalam kelas, namun secara praktis juga harus didapat dari eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Selain ke DPRD Palangka Raya, sebelumnya para mahasiswa Fisip UMP ini juga diajak ke Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, dan KPU Kota Palangka Raya.

Eko menjelaskan tujuan diadakannya kuliah lapangan ini untuk memperkuat pengetahuan mahasiswa terkait keilmuwan administrasi publik dan administrasi negara. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan