LPMP Petakan Data Mutu Pendidikan Kalimantan Tengah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan kegiatan analisis data mutu pendidikan di Kota Palangka Raya, Senin (5/3/2018).

Kegiatan ini diikuti 30 orang dari pengawas SD, SMP, SMA/SMK dari 14 kabupaten, kota, dan provinsi. Adapun nara sumber adalah DR Sugeng, Mpd, DR Hasan, DR Sugiyantro, dan Juniadi. Sedangkan materi antara lain cara unduh dan simpan data (pemetaan mutu pendidikan) PMP, teknik analisis data PMP dan penyajiannya, serta analisis data mutu.

Kegiatan ini penting dilakukan untuk memetakan mutu pendidikan dasar dan menengah, sehingga dapat memberi gambaran tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan (SNP) pada satuan pendidikan kabupaten, kota, provinsi hingga nasional.

Kepala LPMP Kalteng melalui Kepala Seksi Pemetaan Mutu Pendidikan, Radison Laun menuturkan peta mutu pendidikan dikembangkan dari hasil pemetaan yang diiisi oleh satuan pendidikan dalam aplikasi PMP Kemdikbud. 

Sementara itu ketua panitia, Tansiana menyebutkan tujuan kegiatan ini untuk membuat analisis hasil pemetaan mutu pendidikan di kabupaten, kota, dan provinsi dengan gambaran berupa deskripsi capaian setiap standar, indikator, dan sub indikator.

Tansiana mengharapkan dari hasil analisis tersebut dapat disusun sebuah draf capaian pemenuhan standar pendidikan dan selanjutnya akan diadakan seminar diseminasi, sehingga pada akhirnya bisa dibuat rekomendasi untuk perbaikan, peningkatan, dan pengembangan mutu pendidikan disatuan pendidikan kabupaten, kota maupun provinsi. (MC. Iseng Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan