Dukung Desa Mandiri Cegah Api

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Salah satu upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan, maka Pemerintah Kota Palangka Raya bersama pihak terkait terus mengimplementasikan program nyata. Salah satunya program pencegahan kebakaran berbasis desa.

Hal itu disampaikan Asisten II Setda Kota Palangka Raya Ikhwansyah, usai menghadiri penandatanganan kerjasama  “Desa Mandiri Cegah Api” program pencegahan kebakaran lahan berbasis desa minimas plantation, sekaligus seminar  “Mitigasi dan Adaptasi Menghadapi Perubahan Iklim,” Senin (29/10/2018) di Aula Rahan Kantor Rektorat Universitas Palangka Raya.

Ikhwansyah mengatakan, adanya kerjasama pada program desa mandiri cegah api tersebut, diharapkan pada praktik dilapangan masyarakat bisa merespon cepat untuk memadamkan api, terutama dalam hal penanggulangan karhutla di seluruh wilayah Kota Palangka Raya

“Program pencegahan api  berbasis desa ini diharapkan dapat dengan cepat menekan kejadian karhutla dimasa akan datang,” cetusnya.

Kata Ikhwansyah, pemerintah kota Palangka Raya sangat mengapresiasi langkah konkret tersebut, terlebih dalam hal pencegahan karhutla banyak pihak yang ikut terlibat. Seperti halnya pihak akademisi.

Dalam bagian lain tambah Ikhwansyah, Pemko Palangka Raya juga mengapresiasi program “Minamas Plantation” yang merupakan upaya konkret untuk memperhatikan aspek lingkungan dan mengedepankan prinsip pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, sehingga memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat.

“Dengan adanya kerjasama ini diharapkan semua pihak dapat berbagi pengetahuan dan keahlian dalam menemukan solusi tuntas mencegah bencana asap, mengidentifikasi daerah rawan kebakaran dan faktor-faktor terjadinya karhutla,” pungkas dia. MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan