Kota Palangka Raya Pertama Kali Terapkan Aplikasi LAPOR di Kalteng

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kota Palangka Raya boleh berbangga karena menjadi daerah yang pertama kali menerapkan aplikasi Lapor,  Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), hal ini disampaikan fasilitator B_Trust, Aji dalam paparannya pada kegiatan Pelatihan Pengelola Pengaduan dan Petugas Admin LAPOR.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 hari, selasa (30/10/2018) yang dihadiri oleh  90 orang dari seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) serta perwakilan pejabat penghubung dan operator penghubung dari perangkat daerah.

Kegiatan pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Assisten II Sekretariat Daerah Kota Palangka Raya, Ikhwansyah yang bertujuan untuk membangun kesepahaman tentang tugas dan fungsi setiap admin ataupun pejabat penghubung dalam mengelola pengaduan serta memperoleh pemahaman teknis pengelolaan aduan melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui aplikasi LAPOR.

Aplikasi layanan ini merupakan aplikasi yang dibangun atas kerjasama antara Kementrian Pendayagunaan Aparatur (KemenPAN) , Ombudsman Republik Indonesia, Kantor Staff Kepresidenan yang bekerja sama dengan USAID.

Ikhwansyah menambahkan bahwa pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah harus berkualitas melalui pemberian partisipasi masyarakat dalam pelayanan publik itu sendiri, setiap unit pemerintah harus menyediakan sarana untuk mengelola pengaduan masyarakat.

Dengan adanya aplikasi LAPOR ini kedepannya diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat khususnya Kota Palangka Raya dalam pembangunan dan peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Palangka Raya, tutupnya (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan