DKPP Palangka Raya Bakal Gelar Operasi Steril Anjing Lokal

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya akan mengadakan operasi steril bagi anjing jantan lokal
pada momen memperingati hari rabies sedunia (HRS) yang jatuh pada tanggal 28 September ini. 

Kepala Seksi Kesehatan Hewan (Keswan) pada DKPP Kota Palangka Raya, Eko Hari Yuwono mengatakan, kegiatan tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada 27 September atau sehari sebelum peringatan HRS.

“Steril merupakan salah satu cara untuk mengendalikan jumlah anjing liar. Kelebihan jumlah anjing akan mengakibatkan banyak anjing menjadi terlantar dan tak bertuan sehingga rentan kena rabies,” ungkap Eko, Minggu (23/9/2018).

Untuk diketahui lanjut Eko, kegiatan steril pada anjing maupun terhadap kucing betina yang sering dilakukan selama ini, yakni mengacu pada pengangkatan organ reproduksi (ovarium, saluran telur, rahim), sementara steril pada hewan jantan berarti mengangkat testisnya.

Sterilisasi juga bertujuan mencegah hewan berkembang biak sehingga mengurangi over populasi hewan peliharaan. 

“Sterilisasi memberikan banyak manfaat kesehatan untuk hewan peliharaan dan juga mengurangi masalah perilaku tertentu yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Dengan mempertimbangkan berbagai keuntungan dari sterilisasi inilah maka DKPP tambah Eko, memasukkan kegiatan ini dalam rangkaian HRS di Palangka Raya tahun 2018. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan