Disperkim Ingin Bangun Taman Inovatif

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pihak Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Palangka Raya, berkeinginan agar “Kota Cantik” Palangka Raya ada memiliki taman yang berkonsepkan “Taman Inovatif”.

Hal tersebut bertujuan agar keberadaan taman-taman  yang  dibangun Pemerintah Kota Palangka Raya lebih berdaya guna,”ujar Imbang, Jum’at (10/5/2019).

Setidaknya lanjut Imbang, ada tiga konsep taman yang digadang-gadang pihaknya memiliki banyak keuntungan. Taman yang diharapkan itu yakni taman kreatif, taman graffiti, dan taman bertema Garden Wedding.

Ketiga konsep taman ini jelas dia memiliki tujuan, fungsi dan pemanfaatannya masing-masing. Mulai sebagai sarana edukasi, penyaluran kreatifitas sehingga diharapkan mampu menjadi salah satu penyumbang pendapatan asli daerah (PAD).

Semisalkan untuk taman kreatif, maka pada dasarnya menjadi wadah yang dapat digunakan sebagai sarana anak-anak muda maupun komunitas serta para penggiat untuk mengembangkan bakat serta kreatifitas di dalam bidang kesenian dan budaya serta edukasi lainnya.

Sedangkan untuk taman graffiti gagasan berangkat dari keprihatinan atas fasilitas milik pemerintah atau milik umum yang menjadi lahan vandalisme.

“Taman graffi adalah taman yang bisa menjadi wadah corat-coret graffiti dengan catatan menampilkan karya yang tak melanggar norma. Tiap bulannya graffiti yang tersedia akan dicat ulang untuk bisa terus digunakan,”beber Imbang

Sementara untuk  konsep taman bertema garden party, jelas Imbang, lebih dimanfaatkan sebagai salah satu lokasi resepsi pernikahan outdoor yang bisa digunakan masyarakat, namun tetap mengedepankan aspek lingkungan. 

Secara khusus diperlukan dua hektare lahan yang untuk taman garden party ini.  Satu hektare akan digunakan sebagai lokasi resepsi dan satu hektare lain digunakan untuk penanaman bibit tanaman.

“Bagi yang  melangsungkan acara resepsi pernikahan, bisa menggunakan taman tersebut dengan syarat satu pasangan harus menanam satu bibit pohon. Jadi sasaran terakhir dari konsep taman ini adalah  menciptakan hutan kota,”tuturnya.

Ketiga konsep taman ini sambung Imbang, sudah dikonsultasikan dengan  walikota Palangka Raya.”Semoga konsep inovatif ini bisa terealisasi dalam waktu dekat, guna menciptakan tata kota yang asri dan berdaya guna dalam segala aspek,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan