Dinas PU Palangka Raya Launching Call Canter Aduan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palangka Raya me-launching layanan call center 0812 5866 9991 untuk melayani aduan masyarakat terkait kerusakan jalan dan jembatan.
 
Acara launching yang sekaligus dirangkai dengan sosialisasi Flash Team dan Hot Line Center yang dibuka oleh Kepala Dinas PUPR Kota Palangka Raya ini juga dihadiri para lurah, pegawai kecamatan, dan seluruh pegawai PUPR, Kamis (9/11/2017).
 
Dengan diluncurkannya layanan call center ini kemudian Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Palangka Raya membentuk Tim Terpadu Pemeliharaan Jalan dan Jembatan. Dalam operasionalnya tim ini melibatkan pihak kelurahan dan kecamatan.
 
Model penanganan perbaikan jalan dan jembatan melalui call canter ini merupakan inovasi dari Kepala Seksi Preservasi Jalan dan Jembatan pada Dinas PUPR Kota Palangka Raya, Sahrinbudin, ST untuk memenuhi tugas Diklatpim IV.
 
Dalam paparannya Sahrinbudin menjelaskan dengan dibentuknya tim terpadu ini maka aduan masyarakat terkait kerusakan jalan dan jembatan cepat ditindaklanjuti. Begitu tim mendapat aduan melalui call atau WathsApp, maka aduan tersebut langsung dicek ke lokasi.
 
Selanjutnya tim melakukan penghitungan. Jika tingkat kerusakan jalan atau jembatan tidak lebih dari 6 persen, maka tim terpadu bisa langsung memperbaikinya. Sebab anggaran untuk perbaikan sudah disediakan melalui unit pemeliharaan rutin (UPR).
 
Di 2017 ini Dinas PUPR Kota Palangka Raya hanya mengalokasikan Rp1,5 miliar untuk dana UPR. Namun dengan telah diluncurkannya layanan call center ini, maka Dinas PUPR berencana akan menambah alokasi dana UPR agar semua aduan masyarakat bisa ter-cover.
 
Sahrinbudin menjelaskan tujuan jangka pandek dari program ini adalah merespon keluhan masyarakat terkait kerusakan jalan dan jembatan cepat ditangani. Sedangkan tujuan jangka panjangnya adalah tidak adanya lagi kerusakan jalan dan jembatan serta terciptanya pelayanan kepada masyarakat dengan cepat dan tepat sasaran. (MC.Isen Mulang/engga)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan