BPTD Wilayah XVI Kalteng Cek Kelayakan Angkutan Mudik Lebaran

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sejak 21 Mei 2018, petugas Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVI Provinsi Kalimantan Tengah sudah mulai melakukan pemeriksaan kelayakan angkutan darat.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan semua angkutan darat yang akan melayani penumpang arus mudik dan balik saat Idul Fitri 1439 Hijriyah dalam kondisi prima. 

“Ramcheck adalah Inspeksi keselamatan kelaikan kendaraan angkutan orang dengan maksud
untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi para penumpang. Yang kita cek angkutan kota, AKAP, dan AKDP,” kata Kepala BPTD Wilayah XVI Kalimantan Tengah, Muyahad, Selasa (22/5/2018).

Muyahad mengatakan target secara nasional untuk ramcheck kendaraan sebanyak 47.000 armada, sedangkan untuk Kalimantan Tengah ditarget 70 armada bus dan 50 persen di antaranya sudah dicek.

“Adapun yang kita cek yang pertama soal administrasi kendaraan, kemudian KIR, kondisi ban, lampu utama, dan rem. Kemudian alat penunjang seperti pemukul kaca, lampu keselamatan, dan sabuk keselamatan juga kita cek,” semuanya.

Dari hasil pengecekan ternyata masih ada armada AKAP dan AKDP yang belum menyediakan sabuk keselamatan untuk penumpang, namun khusus tahun ini masih ditoleransikan.

“Khusus untuk angkutan AKAP dan AKDP mulai tahun 2019 setiap tempat duduk penumpang wajib disediakan sabuk keselamatan. Jika tidak, maka angkutan tersebut tidak boleh operasional,” tegasnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan