BPBD, Camat, dan Lurah Diinstruksikan Backup Posko Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio menginstruksikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), camat dan lurah untuk mem-backup posko satuan tugas (Satgas) penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhula).

Pesan ini disampaikan saat menghadiri acara pembukaan latihan posko 1 penanggulangan Karhutla di Korem 102 Panju Panjung, Rabu (7/6/2017) pukul 08.00 WIB.

“Saya instruksikan organik yang menanggulangi kebakaran hutan dan lahan harus supporting dengan pemadam kebakaran. Camat dan lurah di seluruh Kota Palangka Raya juga diinstruksikan untuk membackup posko satgas dengan cara kesiapsiagaan tim serbu api kelurahan (TSAK)” katanya.

Sementara itu Danrem 102 Panju Panjung Kolonel Arm M Naudi Nurdika ditunjuk oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran sebagai komandan satuan tugas (Dansatgas) penanggulangan Karhutla. Korem juga sudah melakukan kesiapan dengan matang sejak jauh hari.

“Saya melihat secara langsung hari ini Korem sangat siap. Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, komunikasi di setiap posko harus tertata dengan rapi,” ungkapnya.

Intinya bagaimana informasi itu bisa berjalan dengan cepat dan baik, sehingga penanggulangan itu bisa dilakukan dan diatasi.

Mofit berharap Karhutla di Palangka Raya tidak terjadi. Oleh sebab itu untuk mewujudkan harapan ini bukan hanya posko satgas di Kodim 1016 Palangka Raya yang bekerja keras, tapi juga seluruh lapisan masyarakat.

“Masyarakat juga harus memahami ini. Dalam arti tidak melakukan kegiatan yang bisa menimbulkan kebakaran. Apalagi di musim yang kritis yakni musim kemarau,” tuturnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan