Panitia Lokal Siap Laksanakan Kemah Budaya Nasional

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio memimpin rapat panitia lokal kegiatan kemah budaya nasional (KBN), Rabu (7/6/2017).

Rapat yang dilaksanakan di ruang Peteng Keruhei II ini dihadiri semua pantia lokal dari semua satuan organisasi perangkat daerah (SOPD), TNI, dan Polri. Ikut hadir Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan selaku pengarah.

Rapat kali ini panitia lokal baru dibagikan Keputusan Walikota sebagai dasar pelaksanaan KBN. Dalam keputusan tersebut KBN akan melaksanakan 17 jenis kegiatan.

Kegiatan tersebut antara lain ibadah keagamaan, olahraga dan senam pramuka, bakti sosial dan penghijauan.

Selanjutnya ada permainan tradisional balogo, bagasing, maloto, bagonjen/enggrang. Dan ada juga festival masakan tradisional, cerita sejarah pahlawan daerah, pameran budaya, temu tokoh dan karnaval budaya/pentas seni.

Tak lupa juga kegiatan pramuka lainnya yakni api unggun, bazar pramuka, budaya pembuatan wadi, seni kriya dan pengerahan masa.

Kegiatan karnaval budaya yang diikuti 34 provinsi, 13 kabupaten, dan satu kota di Kalteng dengan rute karnaval mulai dari Lapangan Sanaman Mantikai ke Istana Isen Mulang atau rumah jabatan Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah.

Ada pula kegiatan napak tilas di Bukit Batu, Batu Banama, dan makam Pahlawan Nasional Tjilik Riwut. Peserta KBN juga akan melakukan penjelajahan budaya ke Rumah Betang, Galeri Tjilik Riwut, Monumen Soekarno, Museum Balanga, Perkampungan Nelayan Air Hitam Kereng Bangkirai, dan Kantor Gubernur Kalimantan Tengah.

Upacara pembukaan KBN tanggal 17 Juli 2017 bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun Kota Palangka Raya, sehingga upacara HUT Kota Palangka Raya dipusatkan di bumi perkemahan Kambariat Tuah Pahoe di Kelurahan Sabaru dengan mengambil tema “Harmoni Dalam Kebhinekaan di Bumi Tambun Bungai”

Semua agenda kegiatan setiap bidang dinyatakan siap, namun khusus persiapan infrastruktur yang disampaikan dari dinas perumahan rakyat dan permukiman masih 30 persen.

Sesuai rencana, peserta KBN sudah datang ke Palangka Raya 16 Juli 2017. Keesokannya dilakukan upacara pembukaan dan sebagai inspektur upacara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendy (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan