Baru Tiga Kelurahan dinyatakan ODF di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya-Salah satu indikator yang menjadi penilaian kota sehat adalah Open Defecation Free (ODF). Open Defecaton Free atau stop buang air besar sembarangan adalah kondisi tidak buang air besar sembarangan sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Indikator ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan kehidupan yang baik dengan menerapkan hidup bersih dan sehat.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Palanngka Raya, Hera Nugrahayu saat membacakan sambutan Wali Kota Palangka Raya pada kegiatan Launching Inovasi Lokus Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kota Palangka Raya dan Deklarasi Kelurahan Open Defecation Free (ODF) tahun 2022 di Halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya, Jumat (18/11/2022).

“Sebagai salah satu indikator kota sehat, dipersyaratkan kelurahan ODF di Kota/Kabupaten adalah 60%. Untuk Kota Palangka Raya sendiri dari 30 Kelurahan yang ada baru tiga kelurahan yang melakukan deklarasi ODF setelah melalui proses sosialisasi, pemicuan dan verifikasi,” ungkap Hera.

Deklarasi ODF sendiri merupakan pernyataan kelurahan yang telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan melalui verifikasi puskesmas setempat. Tiga kelurahan yang telah melakukan deklarasi ODF di Kota Palangka Raya antara lain Kelurahan Menteng, Panarung dan Habaring Hurung. Dua kelurahan terakhir baru saja melakukan deklarasi pada 18 November 2022.

Hera berharap kepada kelurahan yang telah melakukan deklarasi ODF dapat menularkan ke kelurahan yang belum ODF di Kota Palangka Raya.

“Demi mencapai target sebagai Kota Sehat, saya berharap dan mengimbau kepada kelurahan-kelurahan yang belum ODF untuk segera mengupayakan mengambil langkah konkret mewujudkannya,” pungkas Hera. (MC Isen Mulang/ndk)

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan