9 Program Untuk Tanggulangi Kemiskinan di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada 2015 jumlah warga miskin di Kota Palangka Raya yang harus ditanggulangi 41.130 jiwa/15.365 KK/10.438 rumah tangga.

Data ini diperkirakan terus berkurang seiring gencarnya program bantuan pemerintah yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu, termasuk kepada fakir miskin.

Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya, Fauliansyah menuturkan untuk menanggulangi masalah kemiskinan pemerintah daerah maupun pusat telah menyalurkan program bantuan.

Tahun ini ada 7 program yang diberikan kepada warga kurang mampu. Di antaranya bantuan beras sejahtera (Rastra) kepada 5.313 keluarga penerima manfaat (KPM). Setiap KPM dapat 10 Kg beras per bulan.

Kemudian bantuan program keluarga harapan (PKH) kepada 3.648 KPM dan (program bedah rumah 2 unit dari APBD, 1 unit dari CSR PDAM, dan 2 unit dari Baznas).

Selain itu Pemerintah Kota Palangka Raya juga memberikan program kesehatan gratis kepada 25.000 jiwa dari APBD dan 35.740 jiwa program KIS dari APBN.

“Kemudian bidang ekonomi ada bantuan 8 unit E-Warong dari APBN, 50 unit KUBE dari APBN, dan 10 unit RPK,” jelas Fauliansyah saat Rakor penanggulangan kemiskinan terpadu, Selasa (20/3/2018).

Dia menjelaskan program pengentasan kemiskinan ini juga diberikan kepada para lansia terlantar atau tidak mampu yang jumlahnya 93 orang dari APBN dan 15 orang APBD.

“Kita juga memberikan bimbingan motovasi lansia terlantar dan bantuan dasar kepada 40 orang,” tandasnya. Program lainnya adalah asistensi penyandang disabilitas kepada 13 orang (APBN) dan 15 orang (APBD).

Sedangkan program ke-8 dan 9 adalah bimbingan motivasi untuk anak terlantar dan peralatan sekolah kepada 40 anak serta bantuan bagi korban bencana. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan