80 Peserta Diklatpim IV Dinyatakan Lulus Semua

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Riban Satia secara resmi menutup pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklatim) IV angkatan 15 dan 16 di Gedung Pertemuan Umum Palampang Tarung, Senin (18/12/2017).

Acara penutupan Diklatpim ini juga dihadiri pejabat Pusat Kajian, Pendidikan, dan Pelatihan Aparatur Lembaga Administrasi Negara (LAN), Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Rojikinor, dan perwakilan dari Badan Pengembangan SDM Kalimantan Tengah.

Dalam laporannya Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kota Palangka Raya, Nyta Bianyta Rezza mengatakan Diklatpim IV angkatan 15 dan 16 ini diselenggarakan mulai 30 Agustus 2017 sampai 15 Desember 2017.

Selama Diklat, semua peserta mendapatkan pembelajaran dengan metode on campus yang bertempat di Embarkasi Asrama Haji Almabrur Jalan G Obos Palangka Raya dan saat of kampus dilaksanakan di instansi masing-masing.

Adapun meteri diklat terdiri dari ceramah strategi dan kebijakan pengembangan SDM aparutur sipil negara, berpikir kreatif dan inovatif, santri, pembekalan isu strategis, diagnosis riding, dan konsep proyek perubahan.

Peserta Diklat juga diberikan materi tentang membangun komitmen bersama berpikir inovatif dan kreatif, pengenalan diri, kecerdasan emosional, membangun tim efektif dan koordinasi kolaborasi dan pembekalan rancangan proyek perubahan dan implementasinya.

Pada pelaksanaan Diklatpim peserta juga melaksanakan kegiatan kunjungan dan base making. Untuk materi pilar-pilar kebangsaan, civitasi dilaksanakan di Museum Balanga, sedangkan untuk materi diklat standar etika publik dilaksanakan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palangka Raya dan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Kota Palangka Raya.

Sementara itu untuk kegiatan base making dilaksanakan di Pemerintah Kota Surabaya 1-5 Oktober 2017 dengan 8 locus. Lalu untuk seminar, para peserta melaksanakan dua kali seminar. Pertama seminar pada proyek perubahan 11 Oktober 2017 dan seminar laboratorium kepemimpinan dilaksanakan 16 Desember 2017.

Menurut Nyta, seminar yang kedua ini merupakan seminar akhir dan setiap kegiatan seminar dihadiri oleh masing-masing mentor peserta diklatpim IV.

Kemudian terhadap proyek perubahan yang dibuat oleh peserta Diklatpim IV ini ke depannya akan dilakukan monitoring dan evaluasi oleh LAN untuk mengetahui sejauh mana proyek perubahan ini benar-benar diimplementasikan pada setiap SOPD.

Setelah mengikuti Diklatpim selama empat bulan, akhirnya mereka dinyatakan lulus semua. Rinciannya 15 orang dengan kualifikasi sangat memuaskan, 52 orang memuaskan, dan 13 cukup memuaskan. Kemudian dalam dua angkatan Diklatpim ini ditetapkan 10 ASN masuk peringkat 10 besar.

Untuk angkatan ke-15 peringkat I Diana Fransiska dari Balitbang, peringkat II Oktaviasi dari Dinas Koperasi dan UKM, peringkat III Irwan Faisal dari Kelurahan Panarung, peringkat IV Widikdo dari Kelurahan Kanarakan, dan peringkat V Yankris dari Kecamatan Pahandut.

Kemudian untuk angkatan ke-16, peringkat I Masrini Wahyuningrum dari Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, peringkat II Irwan dari dinas kesehatan, peringkat III Badris Irwanto dari Setda, peringkat IV Puri Sitanggang dari Kelurahan Tumbang Rungan, dan peringkat V Muhammad Arifatuhin Hamdi dari dinas PUPR. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan