50 Hektare Disiapkan Untuk Program Tahura

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Setidaknya 50 hektare bakal disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk program kawasan taman hutan rakyat (Tahura).

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya Rawang, untuk realisasi program Tahura tersebut masih dalam proses administrasi  di tingkat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng yang selanjutynya diusulkan ke pemerintah pusat.

“Pemko Palangka Raya sudah menentukan 50 hektare kawasan sebagai tempat Tahura, yakni  sekitar Kelurahan Marang Kecamatan Bukit Batu, “ungkapnya, Jum’at (23/3/2018)

Dikatakan, keberadaan Tahura diwilayah Kota Palangka Raya bertujuan  menjaga ekosistem alam, yaitu melalui pembudidayaan tanaman lokal khas Kalteng. Sekaligus menjaga habitat flora dan fauna yang langka jangan sampai punah.

Karenanya melalui Tahura, diharapkan ada upaya pendataan dan inventarisasi jenis flora dan fauna yang diiukuti sebagai upaya mempertahankan spesies budidaya hutan yang menjadi khas dari Bumi Tambun Bungai. 

“Kita tunggu saja bagaimana rekomendasi dari Pemprov, untuk selanjutnya dapat di usulkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),” pungkas Rawang. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan