247 Calon Haji Ikuti Bimbingan Manasik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebanyak 247 calon jemaah haji asal Kota Palangka Raya mengikuti bimbingan manasik di Asrama Haji Al Mabrur Jalan G Obos, Rabu (12/7/2017).

Ke-247 calon haji ini terdiri dari 113 laki-laki dan 137 perempuan. Dari 247 orang ini calon haji termuda bernama Janatunnisa (30 tahun) dan usia tertua bernama Abdul Mu’is (80 tahun).

“Tujuan dilaksanakannya bimbingan manasik ini agar para jemaah bisa memahami pelaksanaan ibadah haji dengan benar, sehingga pelaksanaan haji dari tahun ke tahun semakin baik dan bisa menjadi haji mabrur serta menjadi calon haji lebih aktif dan mandiri,” kata ketua panita, Bahrani.

Dalam bimbingan manasik ini para calon haji diberikan pengetahuan tentang kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan haji, teknis kesehatan, pembentukan kloter, keselamatan penerbangan, dan melestarikan kemabruran haji.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya, Baihaqi berharap para calon jemaah bisa memahami pelaksanaa ibadah haji dengan benar.

“Mudah-mudahan bagus secara keilmuan, sehingga apa yang dilaksanakan nantinya dapat menghasilkan perilaku kesempurnaan dalam rukun Islam,” tuturnya.

Baihaqi menambahkan calon haji ini akan diberangkatkan pada 12 Agustus dan 15 Agustus 2017. Saat ini ada sekitar 3.300 calon jemaah yang menjadi daftar tunggu.

Karena terlalu banyaknya daftar tunggu ini, maka urutan berangkat paling lama bisa 18 tahun lagi. Saat ini juga ada 500-an calon jemaah yang menjadi daftar tunggu melalui jalur khusus. Dengan jalur ini daftar tunggunya paling lama hanya 5 tahun. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan