Mendikbud Buka Kemah Budaya Nasional di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy secara resmi membuka Kemah Budaya Nasional (KBN) ke-8 di Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (17/7/2017).

Upacara KBN untuk peserta Pramuka penggalang atau anak SMP tahun ini sangat istimewa karena pelaksanaannya dibarengkan dengan peringatan HUT ke-52 Pemerintah Kota Palangka Raya dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Kota Palangka Raya.

Selain Mendikbud, acara pembukaan KBN ini juga dihadiri Dirjen Kebudayaan Hikmar Farid, Dirjen Sejarah Triana Wulandari, Wakil Ketua Kwarnas Pramuka Budi Prayitno, Kasubdit PTK Saptari Vovita Sari, dan Kepala Biro Kwarnas Desi Apriani.

Hadir pula Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Habib H Said Ismail mewakili gubernur, Walikota Palangka Raya Riban Satia dan Wakilnya Mofit Saptono dan beberapa kepala daerah dari 13 kabupaten di Kalimantan Tengah.

Adapun proses pembukaan KBN 2017 ini diawali dengan devile dari peserta kemah. Kontingen dari Vietnam mendapat kesempatan pertama untuk melakukan devile di depan tribun penghormatan, kemudian disusul kontingen Aceh dan diikuti oleh kontingen dari 33 provinsi lainnya.

Sedangkan kontingen Provinsi Kalimantan Tengah, termasuk Palangka Raya dapat giliran penutup devile. Suasana devile cukup meriah, karena diselengi penampilan tarian dan lagu daerah dari 34 provinsi yang dibawakan oleh putra putri dari tuan rumah.

Secara simbolis pembukaan KBN ini ditandai dengan manyipet atau menyumpit dengan sasaran sebuah balon yang diletakkan di bawah. Setelah balon terkena jarum sumpit, maka meletus, sehingga tali yang di atasnya ada banyak balon maka akan lepas ke udara.

Dalam sambutannya Mendikbud Muhadjir Effendy mengucapkan selamat berkemah kepada peserta KBN. Melalui KBN ini diharapkan bisa meningkatkan rasa nasionalisme, sehingga kelak mereka menjadi partner yang bisa membangun jaringan secara nasional guna membangun Indonesia masa depan yang lebih baik.

“Saya melihat di wajah kalian semua, senyum adik-adik ku semua, di dalam ketawa adik-adik semua ada janji dan masa depan yang cerah untuk masa depan Indonesia. Selamat berkemah, selamat berbudaya, selamat membangun rasa nasionalisme melalui rasa kebhinekaan,” pesan Mendikbud. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan