Tarian Dadas Tampil di Kementerian Pariwisata

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Acara press conference yang diadakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah di aula Balai Irung Lantai II Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (19/4/2018) malam berlangsung meriah.

Sebab sebelum acara jumpa perss dalam rangka pengenalan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dimulai, para pejabat dan tamu yang hadir dihibur dengan tarian dadas. 

Tarian dadas adalah tarian adat masyarakat Dayak Kalimantan Tengah untuk meminta kesembuhan kepada Ranying Hatala langit (Tuhan) bagi mereka yang sakit. 

Tarian ini biasanya dilakukan oleh dukun perempuan suku Dayak. Namanya balian dadas diambil dari sebutan dukun perempuan yang dalam masyarakat Dayak disebut balian dadas.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, Guntur Talajan juga tidak mau ketinggalan. Dia dengan mahir juga memainkan alat musik tradisional jenis kecapi.

Acara press conference semakin meriah tatkala dimainkan musik karungut dan tari manasai bersama. Para pejabat yang hadir pun ikut menari dengan membentuk lingkaran.

Guntur pun mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kementerian Pariwisata karena telah memfasilitasi untuk mempromosikan rencana kegiatan FBIM Kalimantan Tengah yang akan diadakan di Kabupaten Kapuas pada 2-6 Mei 2018. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan