Pilkada Palangka Raya Resmi Diikuti Empat Pasangan Calon

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya menggelar rapat pleno penghitungan verifikasi faktual perbaikan dukungan bakal calon walikota dan calon wakil walikota dari jalur perseorangan atau independen, Kamis (8/2/2018) pukul 14.00 WIB.

Rapat pleno ini diikuti tiga bakal calon perseorangan yakni pasangan Yuliustry-Fathul Munir, pasangan Dagut-Fitriadi Yusuf, dan pasangan Rizky Mahendra Nihin-Daryana.

Dalam rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Kota Palangka Raya Eko Riadi dan ditemani empat komisioner dan juga dihadiri Ketua Panwaslu Kota Palangka Raya Endrawati beserta komisioner, beserta panitia pemilihan kecamatan (PPK) dari lima kecamatan.

Dalam pleno ini diketahui hasil dukungan pasangan Yuliustry-Munir dari hasil verifikasi perbaikan yang memenuhi syarat (MS) hanya 5.120 dukungan, pasangan Dagut-Fitriadi Yusuf 3.168 dukungan, pasangan Rizky Mahendra-Daryana 4.008 dukungan.

Sementara pada verifikasi faktual jumlah dukungan pasangan Yuliustry-Munir sebanyak 11.259 dukungan, pasangan Dagut-Fitriadi 11.863 dukungan, dan pasangan Rizky Mahendra-Daryana 12.655 dukungan.

Jadi setelah ditambahkan jumlah dukungan hasil verifikasi faktual pada tahap pertama dan perbaikan, maka diperoleh dukungan total untuk pasangan Yuliustry-Munir sebanyak 16.379 dukungan, pasangan Dagut-Fitriadi 15.031 dukungan, dan pasangan Rizky Mahendra-Daryana 16.663 dukungan.

Namun jumlah keseluruhan dukungan tiga bakal calon perseorangan tersebut tetap tidak memenuhi batas minimal yang dipersyaratkan KPU Palangka Raya sebanyak 19.700 dukungan. Jadi secara otomatis jumlah dukungan ketiganya tidak memenuhi syarat (TMS).

Dengan status TMS tersebut maka ketiga bakal calon perseorangan tersebut tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Jadi dari lima bakal calon perseorangan yang sebelumnya telah menyerahkan dukungan ke KPU Palangka Raya yang memenuhi syarat hanya pasangan Rusliansyah-Rogas Usup.

Jadi bakal calon walikota dan wakil walikota yang bisa maju dalam Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 nanti dipastikan hanya empat calon yakni dari perseorangan pasangan Rusliansyah-Rogas Usup dan tiga calon dari partai politik yakni pasangan Fairid Naparin-Umi Matikah, pasangan Tuty Dau-Rahmadi HN, dan pasangan Aries Marcorius Narang-Fawzy Bachsin. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan