Perajin Batik Palangka Raya Diminta Terus Berinovasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah mendorong para perajin batik yang selama ini banyak dilakukan oleh para perajin usaha kecil menengah di Kota Cantik untuk terus berinovasi.

“Ya, kita berharap para perajin batik di Palangka Raya bisa terus berinovasi. Pemko Palangka Raya tentu akan berupaya agar kerajinan batik ini bisa menjadi sebuah industri yang menjanjikan kedepan,” ungkapnya, Minggu (11/11/2018).

Kata Umi, untuk menjadikan usaha kerajinan batik masyarakat Palangka Raya menjadi sebuah industri bukanlah hal yang mustahil. Pasalnya berbagai desain dan inovasi dari kerajinan batik yang dihasilkan para perajin selama ini, tidaklah kalah dengan kerajinan batik daerah lainnya.

“Saat kunker ke Kabupaten Banyuwangi, kami sempat mengintip usaha batik disana. Tidak ada bedanya dalam hal kualitas. Artinya, batik Palangka Raya pun memiliki keunggulan tersendiri,”ujarnya.

Terlebih tambah Umi, bila kerajinan batik mampu menjadi sebuah industri di Palangka Raya, maka tidak hanya  mampu mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat, disisi lain juga dapat menciptakan lapangan kerja.

“Kita ketahui hingga saat ini masih banyak perajin batik di Palangka Raya yang perlu dikembangkan. Ini juga akan menjadi perhatian pemerintah kota bagaimana kedepannya mampu mengembangkan usaha ini menjadi sebuah industri menjanjikan,” tambahnya lagi.

Disadari kata Umi, kebutuhan dari para pengguna batik saat ini terus meningkat, terlebih batik telah menjadi dasar dari pakaian khas secara nasional. Bahkan dalam perkembangannya, kebutuhan batik tidak hanya identik dengan generasi kaum tua, namun sudah mulai merambah dikalangan muda.

“Pola kebiasaan inilah yang perlu kita tangkap kedepan, bagaimana hasil batik dari para perajin yang ada di Palangka Raya, kita kembangkan secara bersama untuk lebih maju. Katakan saja kedepan harus lebih banyak kehadiran butik-butik yang menonjolkan atau menyediakan khusus hasil batik khas Palangka Raya,” cetusnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan