Pawai Budaya Temu Karya TB Nasional di Palangka Raya Memukau

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Perhelatan Temu Karya Taman Budaya  (TKTB) se-Indonesia ke-17, Museum Basoeki Abdullah dan Galeri Nasional yang digelar di Kota Palangka Raya, berlangsung meriah.

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 12-16 September ini, di awali dengan kegiatan pawai budaya yang setidaknya diikuti 700 peserta dari 27 provinsi se Indonesia, dengan mengambil start di Bundaran Besar Palangka Raya, Rabu, (12/9/2018).

Dalam pawai budaya ini tampak terlihat setiap utusan provinsi yang terdiri dari rombongan UPT Taman Budaya lengkap dengan tim keseniannya, tampil dengan busana khas daerah yang didukung dengan mobil hias, sehingga membuat pawai semakin semarak.

Pawai dilepas oleh Plt Sekda Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran yang berhalangan hadir. Kegiatan pawai ini juga turut dihadiri pihak Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), unsur OPD dan Forkopimda lingkup Provinsi Kalteng dan Kota Palangka Raya.

Pawai inipun mengambil rute jalan protokol “Kota Cantik” Palangka Raya. Mulai dari Bundaran Besar hingga menuju kawasan wisata Sebangau (Dermaga Kereng Bangkirai) atau yang dikenal dengan obyek wisata “Air Hitam” Palangka Raya.

Sepanjang jalan, iring-iringan peserta pawai mendapat perhatian ribuan masyarakat Kota Palangka Raya. Terlebih setiap peserta pawai mempertontonkan kekayaan seni budaya seperti, tari maupun seni musik daerahnya masing masing, sehingga mampu memukau antusias masyarakat yang menyaksikan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Guntur Talajan mengatakan, kegiatan pawai budaya merupakan rangkaian awal perhelatan event nasional tersebut.

“Ya, pada Rabu malamnya, pelaksanaan kegiatan ini akan dibuka sekaligus bersama dengan pembukaan pameran seni rupa se Indonesia,” ungkap Guntur, disela kegiatan pawai.

Dikatakan seluruh kegiatan dari event ini akan mengambil tempat di kawasan Taman Budaya Kalteng, (komplek pameran) JalanTemanggung Tilung Palangka Raya.

Disepanjang kegiatan itu  nantinya,  setiap perwakilan provinsi akan berkesempatan memperkenalkan seni dan budayanya masing-masing  yang akan dipertontonkan melalui pentas seni yang ada di Taman Budaya Kalteng.

“Diarena kegiatan juga dilaksanakan kegiatan pameran budaya yang diikuti stan dari semua provinsi yang hadir,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan