Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut Selesai Dibangun

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Proyek patung Tjilik Riwut telah selesai dibuat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya di poros Jalan Tjilik Riwut atau Bundaran Besar.

Dengan dibuatnya patung Pahlawan Nasional asal Kalimantan Tengah ini menambah daftar icon Kota Cantik Palangka Raya. Setidaknya butuh waktu dua tahun untuk bisa merealisasikan pembuatan patung Tjilik Riwut ini.

Pada 2016, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palangka Raya baru mampu merealisasikan pendirian pondasi sebagai tempat berdirinya patung Tjilik Riwut.

Kemudian di 2017 baru dilanjutkan pembuatan patungnya. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya, Norma Hikmah, Selasa (23/1-2018) untuk membuat patung tokoh pendiri Provinsi Kalimantan Tengah ini tidak mudah.

Sebab tidak semua orang bisa mendesain patung yang harus mirip dengan aslinya. Karena itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya harus mencari orang dari Pulau Jawa untuk mendesainnya.

Norma menuturkan di 2017 dinasnya mendapatkan dua paket pengerjaan dua patung selain Tjilik Riwut, yakni patung yang menggabarkan seorang muda-mudi Dayak Kalimantan Tengah.

Patung muda-mudi Dayak tersebut dibuat di kawasan Jalan Yos Sudarso atau depan TVRI Kalteng. Norma mengharapkan dengan dibuatnya dua patung tersebut dapat memberikan nilai tambah terhadap usaha pariwisata di Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan