Lahan Dikawasan Kompleks Kantor Pemko Palangka Raya Dilalap Api

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kota Palangka Raya. Kebakaran terjadi di lahan kosong persis dekat dengan area komplek perkantoran baru Pemerintah Kota Palangka Raya, Minggu (16/9/2018).

Dari informasi yang didapat, api terlihat berkobar membakar lahan dari arah barat. Bahkan kobaran api menjalar dengan cepat  hingga mendekati  kantor Satpol PP Kota Palangka Raya yang terletak di Jalan  G.Obos 14.

Besarnya api yang membakar lahan sontak membuat personil Satpol PP yang sedang piket saat itu berjibaku melakukan pemadaman dan sebagian lainnya langsung menghubungi pihak damkar meminta bantuan.

“Anggota Pol PP yang sedang  piket langsung berusaha melakukan pemadaman dengan cara menyemprotkan api dari keran air yang ada di halaman kantor,” kata Lima, salah satu anggota Satpol PP Kota Palangka Raya.

Ironisnya saat itu kata Lima,  personil damkar maupun personil Pol PP yang datang melakukan pemadaman kesulitan menemukan sumber air dilokasi, sehingga terpaksa  memanfaatkan sejumlah peralatan seadanya seperti selang kecil dan ember.

Dikatakan, walaupun api  tidak sampai menjalar ke kantor Pol.PP dan bisa dipadamkan,  namun sejumlah anggota Satpol PP yang lainnya sempat mengamankan berkas berkas serta dokumen penting di kantor, termasuk  sejumlah kendaraan operasional yang terparkir juga dikeluarkan menjauhi bangunan kantor.

“Ya, itu  dilakukan karena api yang membakar lahan sangat dekat dengan kantor Satpol PP, tutur Lima.

Adapun dalam peristiwa karhutla tersebut, setidaknya ada empat mobil pemadam yang datang membantu melakukan pemadaman. Antara lain dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, serta mobil damkar dan Dinas Kehutanan. Bahkan satu unit helikopter dari BPBN yang stay di Palangka Raya turut membantu melakukan water bom di area yang terbakar. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan