Lomba Meresensi Buku Puisi Esai Tingkat Nasional

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Para mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya antusias mengikuti Lomba Resensi Buku Puisi Esai.

“Lomba ini terbuka untuk umum. Siapa pun boleh mengikuti, kecuali panitia dan penulis buku puisi esai. Peserta bisa meresensi salah satu buku puisi esai atau seluruh buku puisi esai yang dapat diunduh secara daring di Facebook Perpustakaan Puisi Esai Indonesia,” tulis Lukman Zuhara, Senin (17/9/2018).

Dia menuturkan syarat mengikuti lomba yakni resensi minimal 400 kata dengan huruf Times New Roman ukuran 12. Peserta harus menggunggah resensinya di akun Facebook dan menandakan atau mengirimkan juga ke Fanpage Lomba Resensi Puisi Esai Indonesia LPsei. 

Koordinator Panitia Lomba Menulis Resensi Buku Puisi Esai Kalimantan Tengah, DR Imam Qalyubi didampingi anggotanya Elis Setiati dan Lukman Juhara mengatakan sosialisasi ini merupakan upaya menjelaskan mekanisme lomba sekaligus mengakomodasi minat mahasiswa yang ingin berpartisipasi dan perlu mendapat motivasi serta informasi yang jelas dan akurat.

Sedangkan khusus peserta dari Kalteng juga harus mengirimkannya atau menandai Grup Facebook Puisi Esai Kalteng. Jangan lupa di bawah judul resensi cantumkan nama penulis resensi dan provinsi. Batas akhir pengiriman resensi 31 Oktober 2018.

“Secara nasional para pemenang akan memperebutkan hadiah total Rp102 juta. Juara nasional pertama Rp23 juta, juara nasional kedua Rp15 juta, juara III Rp10 juta, dan 10 juara harapan nasional, @Rp5 juta. Selain itu ada 102 juara harapan provinsi @Rp1 juta,” tambahnya.

Panitia menjelaskan cara menulis resensi buku yakni isi resensi meliputi sinopsis, ulasan keunikan keunggulan dan kelemahan, serta kesimpulan atau rekomendasi. Resensi juga harus mencantumkan identitas buku seperti judul buku, nama pengarang, penerbit, tahun terbit, nomor ISBN, dan tebal buku. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan