Penyerahan “Pataka” Kepada Provinsi Sulteng Sebagai Pelaksana TKTB se-Indonesia Tahun 2019

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pelaksanaan perhelatan Temu Karya Taman Budaya  (TKTB) se-Indonesia ke-17, Museum Basoeki Abdullah dan Galeri Nasional di Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah, yang berlangsung sejak 12-16 September 2018, telah usai sudah.

Bertempat di teater UPT Taman Budaya Provinsi Kalimantan Tengah Jalan Temanggung Tilung Palangka Raya, event tahunan yang dirangkai dengan mempertunjukan seni dan budaya dari 27 provinsi se Indonesia itu, ditutup secara resmi oleh Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran, Sabtu malam (15/9/2018).

“Kami selaku tuan rumah menghaturkan terimakasih kepada semua pihak, serta  dukungan masyarakat guna mendukung acara ini. Segala kekurangan mohon dimaafkan, karena kami manusia biasa yang juga bisa melakukan kesalahan,” ungkap Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Guntur Talajan dalam laporannya.

Menurutnya, selama empat hari kegiatan TKTB, para tim masing-masing kontingen telah mempertunjukan penampilan seni dan keberagaman budaya kepada ribuan warga Palangka Raya serta tamu event, yang antusias memenuhi arena teater Taman Budaya di “Kota Cantik” Palangka Raya.

Sementara itu Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran mengatakan pihaknya sangat berterimakasih kepada semua stakeholder yang turut membantu terlaksananya kegiatan itu, sesuai dengan yang direncanakan.

“Saya selaku gubernur sekaligus mewakili wakil gubernur dan walikota Palangka Raya menghaturkan terimakasih kepada Kemendikbud RI yang telah memilih Kalteng sebagai tuan rumah event ini. Kami bangga atas kepercayaan itu,”haturnya.

Kata gubernur, melalui kebudayaan akan memberikan nilai bagi pembentukan karakter bangsa sehingga harus mampu digerakan. “Bangsa yang bermartabat adalah bangsa yang menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan,” ujar Sugianto.

Adapun acara penutupan tersebut dihadiri perwakilan Ditjen Kementerian Kesenian Kemendikbud RI, anggota DPR RI asal Kalteng Rahmad Hamka Nasution, Plt Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, H Agustiar Sabran, kepala UPT Taman Budaya dari 27 provinsi se Indonesia maupun jajaran OPD dan Forkopimda lingkup Provinsi Kalteng dan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Acara penutupan ditandai dengan pemukulan “Katambung” serta penyerahan “Pataka” dari Provinsi Kalteng kepada Provinsi Sulawesi  Tengah yang menjadi tuan rumah pelaksana Temu Karya Taman Budaya  se-Indonesia ke -18 tahun 2019 mendatang. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan