Komunitas Guru di Palangka Raya Dipercaya Buat Soal USBN 2018

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) makin dekat, sehingga membuat pihak sekolah melakukan berbagai persiapan.

Salah satunya menyusun soal USBN. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng komunitas guru mata pelajaran untuk turut berkontribusi dalam penyusunan soal USBN. 

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai komunitas guru mendapat tugas menyusun 80% soal, sedangkan Kemendikbud akan menyediakan 20% soal USBN dari total 100%.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMA Kota Palangka Raya juga siap menyusun soal USBN. Sebagai langkah awal para guru yang tergabung dalam komunitas itu telah menggelar musyawarah di SMAN 4 Palangka Raya, Jalan Sisingamangaraja III, Selasa, 13/2- 2018.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Palangka Raya, Jaya Kusuma, S.Pd. siap memfasilitasi para guru untuk menyusun soal USBN.

“Soal USBN akan kami bentuk tim yang beranggotakan guru bahasa Indonesia SMA. Tugasnya mempersiapkan dan menyusun soal USBN sesuai standar yang mendorong kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/HOTS),” katanya.

Menurutnya ada dua soal yang akan disusun yaitu soal bahasa Indonesia (wajib) dan bahasa dan sastra Indonesia (peminatan). Keduanya meliputi soal tertulis pilihan ganda dan esai serta soal praktik.

“Soal akan disusun sesuai kisi-kisi USBN 2018 yang dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP),” katanya menjelaskan.

Soal USBN harus sudah selesai 5 Maret 2018. Oleh karena itu tim harus segera bekerja cepat tanpa mengabaikan ketelitian dan kecermatan dalam menyusun soal sesuai kaidah.

“Tim MGMP akan menyusun perangkat soal USBN yang meliputi kisi-kisi soal, kartu soal, rakitan soal, pedoman penskoran, dan tentu juga kunci jawaban. Soal terdiri dari soal utama dan soal cadangan,” imbuhnya.

Dia menjelaskan dengan dilibatkannya para guru SMA Kota Palangka Raya dalam menyusun soal USBN ini maka mereka makin terampil menyusun soal berstandar sebagai implementasi program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan