Kominfo Adakan Pertemuan dengan Kelompok Informasi Masyarakat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan pertemuan dengan kelompok informasi masyarakat (KIM).

Acara yang diadakan di aula Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya ini dihadiri para mahasiswa dan admin media sosial serta utusan kominfo kabupaten dan kota se Kalimantan Tengah.

Dalam pertemuan ini pihak Kominfo Kalteng menghadirkan Sarjono, pejabat dari Direktorat Kemitraan Komunikasi pada Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai nara sumber.

Bagi Kominfo, pemberdayaan dan pengembangan KIM sangat penting, karena saat ini belum semua wilayah terjangkau sarana informasi dan komunikasi yang memadai. Saat ini masyarakat di daerah pelosok masih kesulitan mengakses informasi.

Maka dari itu melalui pertemuan ini Kominfo akan membentuk KIM . KIM adalah kelompk masyarakat yang aktif mengelola dan menyebarkan informasi kepada masyarakat secara swadaya.

“KIM sebagai simpul komunikasi antara pemerintah dan masyarakat yang berperan sebagai penyebar informasi kepada masyarakat,” jelas Sarjono, Kamis (26/4/2018).

Dia mengatakan saat ini pemberdayaan KIM menjadi solusi alternatif guna menyadarkan diri arti penting berkelompok, bertukar informasi, dan membuka peluang kemitraan dengan dinas di kabupaten/kota.

Dijelaskan, KIM adalah lembaga layanan publik yang lahir dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada masyarakat yang learning.

“Kelompok ini beraktivitas pada proses pengumpulan, penyeleksian, pertukaran, dan penyebaran informasi yang sesuai kebutuhan, misalnya kepada petani, nelayan, dan lainnya,” jelasnya.

Sarjono menjelaskan KIM juga harus menerapkan konsel yang berusaha mewujudkan komunikasi bukan sekedar menyebarkan informasi, tetapi juga perlu dikembangkan agar mampu menumbuhkan motovasi dan merubah perilaku sesorang. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan