Kalteng Kekurangan Tenaga Sandiman

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tenaga Sandiman di Provinsi Kalimantan Tengah sangat kurang, hal ini terungkap saat kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kesadaran Pengamanan Informasi di Lingkup Pemerintah Daerah yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalteng di Aula Dinas Perhubungan, Selasa (08/05/2018).

Dari 13 kabupaten 1 Kota yang berada di Provinsi Kalteng memiliki tenaga sandiman hanya terdapat 6 daerah dan selebihnya 8 daerah yang belum memiliki tenaga sandiman.

Ke 8 daerah tersebut, yaitu Kabupaten Katingan, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Murung Raya, dan Kabupaten Pulang Pisau.

Sandiman ini bertugas sebagai pelaksana teknis dalam melakukan kegiatan persandian di instansi pemerintah yang telah memenuhi standar dan syarat tertentu.

Informasi adalah aset penting bagi pribadi maupun organisasi sehingga perlu dilindungi dan diamankan, kemudian dengan perkembangan Teknologi Informasi dunia ke dalam era digital dan dunia siber aspek keterbukaan, akuntabilitas, kecepatan dan konektivitas menjadi point penting, ungkap Kabid Persandian, Isrodianson.

Lebih Lanjut peran persandian tidak hanya menyangkut rahasia saja tetapi juga sebagai aspek utama layanan informasi seperti keutuhan, otentifikasi, dan ketersediaan.

Dengan adanya kegiatan bimtek ini diharapkanya pemerintah daerah dapat meningkatkan kesadaran dan awareness dalam penyelenggaraan keamanan informasi serta dapat kembali diterapkan dengan baik dalam melaksanakan tugas di instansi masing- masing, tutupnya (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan