Puluhan Lansia Diberi Bimbingan Psikososial

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Puluhan lansia (lanjut usia), tampak memenuhi pendopo rumah jabatan (rujab) walikota Palangka Raya. disana mereka mendapatkan bimbingan psikososial.

Menurut Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Palangka Raya Ruslianti, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Sosial (Dinsos) terhadap para lansia.

Selain itu, bimbingan psikososial juga merupakan program rutin yang diselenggarakan bidang rehabilitasi sosial dengan tujuan memberikan motivasi, dukungan dan layanan psikososial bagi lansia.

“Bimbingan ini diikuti 40 lansia yang ada di Palangka Raya, terutama lansia yang hidup kurang beruntung dalam banyak aspek,” tutur Ruslianti, disela kegiatan itu, Selasa (8/5/2018).

Disebutkan, selain kegiatan bimbingan psikososial, dalam acara tersebut juga disertai dengan pencanangan gerakan sayangi dan lindungi orangtua yang menjadi bagian rangkaian peringatan hari jadi lansia.

Adapun Kepala Dinsos Kota Palangka Raya Fauliasnyah dalam acara tersebut menyampaikan, bimbingan psikososial merupakan bentuk kepedulian pemerintah akan keberadaan lansia.”Kita terus meningkatkan kepedulian, terutama bagi para lansia yang ada di Kota Palangka Raya. Mereka (lansia red), tidak bisa begitu saja lepas akan tetapi terus dibimbing,” jelasnya.

Ia pun mengingatkan, agar para lansia ini dapat diberikan ruang yang cukup baik untuk menikmati hari tuanya. Jangan ada lansia yang ditelantarkan oleh keluarga dan orang terdekat.
“Orang tua jangan ditelantarkan atau dimasukan ke panti jompo, sebab yang mereka butuhkan adalah kasih sayang dari kita sebagai anak,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan