Jelang Akhir Tahun Toko Emas di Palangka Raya Diserbu Warga

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemandangan seperti biasanya, dimana sebelum pergantian tahun warga Kota Palangka Raya selalu memadati sejumlah pasar sentra tradisional, seperti Pasar Besar Palangka Raya.

Pantauan awak Media Center Palangka Raya, terutama sehari sebelum pergantian akhir tahun, Senin (31/12/2018), terlihat warga tengah membeli berbagai kebutuhan untuk persiapan menyambut pergantian tahun bersama keluarga. 

Seperti makanan dan minuman, lauk pauk antara lain ikan sungai,  ayam potong,  daging sapi hingga komoditas jagung dimana kesemua bahan pangan tersebut akan dihidangkan menjelang detik-detik pergantian tahun. 

Selain soal menyiapkan bahan pangan, maka yang menjadi kebiasaan menjelang pergantian tahun adalah warga juga terlihat memadati  toko-toko emas untuk membeli perhiasan ataupun menjual kembali perhiasan.

Bagi warga yang membeli perhiasan, tentu tidak lain ingin tampil “kinclong” manakala berkumpul bersama keluarganya. Sedangkan bagi mereka yang menjual kembali perhiasannya, tentu juga ada alasan lain.

“Saya jual perhiasan ini sudah diniatkan, karena mau buat acara syukuran bersama keluarga dimana pergantian tahun ini banyak yang datang dari luar Palangka Raya untuk menghabiskan malam akhir tahun,” tutur Yana, usai menjual perhiasannya kesalah satu toko emas, di Palangka Raya.

Kata dia, kebiasaan berkumpul bersama keluarga sudah menjadi tradisi setiap menyambut pergantian tahun, dimana disela acara kumpul itu selalu diselingi dengan kegiatan bakar-bakar lauk pauk, daging maupun jagung yang kemudian disantap bersama.

“Maka itu diperlukan dana khusus untuk membeli segala macam menu untuk acara malam pergantian tahun,” tutur Yana. 

Lain halnya dengan Elis, warga Palangka Raya lainnya yang mengaku sudah menjadi kebiasaan setiap menjelang akhir tahun ia membeli emas, berupa cincin, gelang dan kalung serta anting, dengan alasan sebagai simpanan, karena banyak juga yang menjual sehingga harga beli sedikit miring. 

“Buat jaga-jaga di tahun depan, bila lagi seret rezeki kan bisa dijual,” kelakarnya. 

Dalam pemandangan lainnya, para penyedia jasa sepuh emas (pembersih emas) juga terlihat kecipratan rezeki, manakala warga banyak yang memoles agar perhiasannya tampil beda saat menyambut pergantian tahun. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan