DPKP Kota Palangka Raya dan BI Perwakilan Kalteng Teken MoU Gerakan Sekuyan Lombok

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Beberapa waktu lalu Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palangka Raya bersama dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalteng menandatangani nota kesepahaman (MoU ) Gerakan Sekuyan Lombok.

Kepala DPKP Kota Palangka Raya, Renson menyebutkan bahwa penandatanganan MoU ini merupakan hasil kesepakatan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya dengan BI Kalteng terkait Gerakan Sekuyan Lombok dalam rangka program pengendalian inflasi melalui ketahanan pangan terpadu komoditas cabai di Kota Palangka Raya.

“Saya berharap dengan adanya kerja sama ini ketahanan pangan di Kota Palangka Raya terus meningkat dalam hal produktivitas hasil panen dan memperluas pemasarannya. Sehingga bisa berdampak kepada petani dan masyarakat secara luas,” kata Renson, Sabtu (24/9/2022).

Disebutkan Renson bahwa ruang lingkup kerjasama ini ada dua, yang pertama pelaksanaan program klaster cabai, yakni untuk memenuhi kebutuhan dari sisi supply yang dilakukan dengan cara meningkatkan jumlah produksi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan meminimalisir adanya ketergantungan pasokan dari wilayah lain di luar Kota Palangka Raya.

Kedua yaitu pelaksanaan program Urban Farming Gerakan Sekuyan Lombok, yakni untuk memenuhi kebutuhan dari sisi demand yang dilakukan dengan cara mencukupi kebutuhan konsumsi rumah tangga sebagai konsumen akhir akan komoditas cabai sehingga dapat menurunkan permintaan di pasar.

Sementara itu Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Kalteng, Magfur menyebutkan bahwa dalam membantu Pemko Palangka Raya menekan inflasi pihaknya akan memfasilitasi dan menyediakan sarana dan prasarana serta mendukung penuh program ini.

“Kami memberikan bantuan teknis berupa penelitian, pelatihan, seminar, workshop, sosialisasi, dan penyediaan informasi dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kinerja petani. Selain itu memfasilitasi akses pembiayaan dan akses pemasaran ke pasar modern baik secara offline dan online dalam rangka peningkatan kapasitas bagi petani peserta program,” pungkasnya. MC. Isen Mulang/Nitra/ndk

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan