Doa dan Harapan di Tahun Baru Imlek, Kalteng Mencapai Kemakmuran

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Banyak doa dan harapan agar di tahun ini dapat dijalani dengan lebih baik dari tahun sebelumnya. 

Seperti di Tahun Baru Imlek 2570/2019 harapan dan doa itu pun dipanjatkan oleh masyarakat keturunan Tionghoa yang ada di Kota Palangka Raya. 

“Imlek tahun ini atau Tahun Baru China 2570 merupakan Tahun Babi Tanah yang dipercaya penuh keceriaan bagi semua masyarakat,” ungkap Pengurus Vihara Avalokitesvara Palangka Raya, Frenky, Selasa (5/2/2019).

Kata Frenky warga keturunan Tionghoa di Palangka Raya sendiri menyambut Imlek tahun ini dengan penuh makna. 

“Kami percaya Tahun Babi Tanah melambangkan kemakmuran bagi seluruh masyarakat Kalteng. Oleh karena itu, di tahun ini diharapkan adanya kemakmuran di seluruh Kalteng,” ucapnya lagi. 

Dilanjutkan Frenky, secara kepercayaan maka Imlek ditahun ini identik dengan kemakmuran. Namun tidak mengartikan kemakmuran itu bagi mereka yang hanya bershio babi, tapi kemakmuran dilihat secara keseluruhan, baik pribadi, keluarga dan secara luas.

Disisi lain kata dia, tahun babi tanah pada Imlek tahun ini bisa memberikan keberkahan, dan bagi masyarakat di Kalteng dapat terhindari dari berbagai tindakan yang dapat merusak keberagaman. 

“Kami mengharapkan Kalteng dapat terhindar dari perselisihan, baik antar umat beragama, suku dan etnis, termasuk perselisihan akibat politik. Yang pasti Kalteng bisa lebih baik,” ujarnya. 

Yanti salah seorang warga keturunan Tionghoa di Palangka Raya mengatakan,  tahun baru Imlek kali ini dikenal dengan Shio Babi Tanah yang merupakan lambang sumber kemakmuran. 

Menurutnya, ada beberapa alasan kenapa Imlek tahun ini disebut tahun Babi Tanah penuh dengan kemakmuran. Hal tersebut dapat dilihat dari fisik babi yang diketahui sebagai binatang yang tidak kurus atau selalu berbadan besar, sehingga inilah yang melambangkan kemakmuran.
“Kami berdoa agar kemakmuran di Kalteng bisa lebih baik,” harapnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan