Disparbudpora Pelihara Cagar Budaya di Kota Palangka Raya

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota  Palangka Raya melalui Dinas Pariwisata,  Kebudayaan,  Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) menyerahkan peralatan dan bahan pembersihan untuk operasional kegiatan pemeliharaan cagar budaya Gedung Serba Guna Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Sabtu (18/6/2022).

Selain di cagar budaya gedung serba guna Tjilik Riwut, sebelumnya juga diserahkan bantuan yang serupa yakni di
di Sandung Ngabe Soekah, Rumah Tradisional Sei Gohong , Rumah Tjilik Riwut dan Struktur Tower PDAM.

Plt Sekretaris Disparbudpora Kota Palangka Raya, Kuncoro Adi mengatakan Kegiatan ini sebagai wujud nyata perhatian dan keseriusan pemerintah Kota Palangka Raya dalam menjaga, memelihara dan melestarikan cagar budaya yang ada di wilayah Kota Palangka Raya.

Kuncoro Adi menambahkan Cagar Budaya merupakan warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan atau kebudayaan melalui proses penetapan.

Cagar budaya merupakan kekayaan budaya bangsa sebagai wujud pemikiran dan perilaku kehidupan manusia yang penting artinya bagi pemahaman dan pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sehingga perlu dilestarikan dan dikelola secara tepat melalui upaya pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan dalam rangka memajukan kebudayaan nasional untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Saat ini Kota Palangka Raya memiliki 8 (delapan) cagar budaya yaitu Tugu Tiang Pancang Kota Palangka Raya, Pesanggrahan Tjilik Riwut, Rumah Tjilik Riwut, Gedung Serba Guna Tjilik Riwut, Struktur Tower PDAM, Rumah Tradisional Huma Hai Mahin, Rumah Tradisional Sei Gohong dan Sandung Ngabe Soekah.

“Mari kita jaga serta lestarikan bersama demi mewujudkan kebudayan nasional untuk kemakmuran masyarakat.” Pungkas Kuncoro.MC Isen Mulang/Disparbudpora/Gusti/wspd

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan