BPTP Kalteng Siap Bagikan Benih Padi Unggul Gratis ke Petani

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Suksesnya ujicoba penanaman padi di lahan gambut di Kelurahan Kalampangan juga membuat Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kalimantan Tengah, Feri Fahrudin Monier senang dan gembira.

Karena gembiranya dia menyatakan BPTP Kalteng siap membantu petani untuk menanam padi jenis Inpara 3 lebih luas lagi, khususnya untuk wilayah Kota Palangka Raya.

Janji ini disampaikan Feri saat memberikan sambutan diacara panen padi perdana milik Kamdi, Anggota Kelompok Tani Pasti Jadi, Kelurahan Kalampangan, Rabu (6/9/2017).

“Ke depan kalau petani butuh bibit unggul, kami siap menyediakan, termasuk benih jagung unggul juga ada. Silahkan ajukan proposal dengan difasilitasi dinas pertanian,” pesannya.

Feri menjelaskan secara nasional, Palangka Raya ditarget bisa menanam padi seluas 20 hektare. Meski target ini sulit untuk dipenuhi, tapi dengan adanya musim tanam Oktober-Maret (Okmar), dia yakin sebagian dari target tersebut bisa dipenuhi.

BPTP Kalteng berharap program pengembangan padi di lahan gambut ini bisa dilakukan secara keroyokan, sehingga Kota Palangka Raya bisa membantu mensukseskan program ketahanan pangan yang telah dicanangkan pemerintah pusat.

“Paling tidak kita bisa menyumbangkan ketersediaan beras untuk Palangka Raya. Jadi ke depan kita tidak mendatangkan beras dari luar. Kita buktikan jika lahan gambut ini ternyata juga bisa ditanami padi dengan hasil memuaskan,” tegasnya.

Selain di Kelurahan Kalampangan, tim BPTP Kalteng juga telah melakukan survei ke wilayah Bengaris, Kelurahan Tanjung Pinang. Ternyata di Bengaris ini juga cocok ditanami padi. Hanya saja perlu dukungan pemerintah untuk pengembangannya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan