ASN Diminta Lahirkan Inovasi Pelayanan Publik Yang “Millenial”

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Aparatur sipil negara (ASN)  dilingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, dituntut memiliki sikap cerdas dan kreatif mengikuti perkembangan jaman. Termasuk diantaranya membangun pola pelayanan yang berinovatif sesuai harapan masyarakat, yakni pelayanan yang lebih cepat, murah, praktis dan transparan.

“Salah satunya melalui inovasi yang menjadi produk-produk karya cipta aparatur, dimana harus menyesuaikan dengan jaman, terutama alih ilmu tekhnologi (IT) diera millenial,” ungkap Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptoono Subagio usai menutup sekaligus pelepasan peserta pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklatpim) IV angkatan XVII tahun 2018, di Aula Arafah Asrama Haji Al Mabrur Palangka Raya, Kamis (12/7/2018).

Kata Mofit, pola pelayanan kepada masyarakat saat ini jauh berbeda dengan pola pelayanan ditahun-tahun sebelumnya, sebab harus beradaptasi dengan kemajuan jaman. Dimana semuanya serba kekinian.

“Jadi tinggalkan pola-pola yang menjadi produk lama atau usang. Tapi bangun inovasi dengan pola baru, atau disebut pola generasi era millenial,”tuturnya lagi.

Disinggung dengan inovasi dari hasil prakarya peserta diklat yang digelar dalam beberapa angkatan selama ini, menurut Mofit cukup berjalan dengan baik, dimana kata  dia, peserta diklatpim mampu melahirkan inovasi melalui proyek perubahan dalam bentuk program kerja.

“Diklatpim ini sudah berjalan empat angkatan, tadi saya minta pihak BKPP kota untuk mengidentifikasi berapa jumlah inovasi yang dilahirkan. Lalu mana yang bisa diterapkan secara berkelanjutan dan dipelihara untuk ditingkatkan,”cetusnya.

Bila dilihat dari produk inovasi dari peserta diklatpim selama ini imbuh Mofit, maka sebagian inovasi telah mampu memberikan kontribusi melalui program proyek perubahan. Seperti sejumlah inovasi yang telah dilakukan launching yang dapat dimaksimalkan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat.

“Maka itulah setiap aparatur harus mampu berinovasi yang berkapasitas, kapabilitas serta propesional, mengikuti era kemajuan jaman yang serba millenial,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan