Anggota DPR RI dan TV Parlemen Kunjungi SMAN 5 Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – SMAN 5 Palangka Raya kembali kedatangan tamu Rabu, 22 November 2017 pukul 10.00 WIB. Meski tidak diundang, sang tamu lebih dulu konfirmasi atas kunjungan silaturahminya. Sang tamu ini ternyata Rahmat Nasution Hamka, Anggota Komisi IV DPR RI.
 
Anggota DPR RI daerah pemilihan Provinsi Kalimantan Tengah ini datang khusus untuk mengisi masa reses. Kehadiran Rahmat ini juga ditemani kru TV Parlemen yang meliput seluruh kegiatannya.
 
Bahkan TV Parlemen lebih dulu hadir untuk mengambil gambar lingkungan dan aktivitas sekolah dengan menggunakan drone. Seperti halnya tamu lain, kehadiran mereka mendapat sambutan hangat dari warga SMAN 5 Palangka Raya.
 
Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs Arbusin mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja Rahmat Nasution Hamka. Dia berharap kedatangan Rahmat ini ada perhatian terhadap sekolahnya agar dapat melengkapi sarana dan prasarana untuk menunjang kualitas pembelajaran.
 
“Fasilitas yang belum lengkap atau perlu perbaikan semoga mendapat perhatian. Kami berharap aspirasi kami ini bisa didengar dan dibantu oleh para wakil rakyat di Senayan,” ucap Arbusin melalui rilisnya, Kamis (23/11/2017).
 
Dalam pertemuan ini Rahmat nasution melakukan dialog dengan para guru dan siswa XII MIPA-3. Materi dialog seputar tugas pokok dan fungsi anggota DPR RI. “Tupoksi DPR itu ada tiga. Yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan,” tuturnya.
 
Rahmat menjelaskan dalam tugas legislasi, DPR bersama pemerintah membuat dan merumuskan undang-undang atau peraturan perundangan. Dalam tupoksi anggaran, dewan turut merancang anggaran untuk pembiayaan jalannya pembangunan.
 
Sementara itu dalam tugas pengawasan, DPR secara aktif mengawasi kinerja pemerintah dalam menjalankan amanat undang-undang,” paparnya.
Dialog dan tanya jawab berlangsung menyenangkan. Apalagi, siswa yang mau menjawab atau bertanya mendapat cendera mata langsung dari Rahmat.
 
Saat ditanya soal pertanian terkait tugas Komis IV DPR, dia menuturkan bahwa komisinya sangat konsen dengan tugasnya memberikan masukan kepada pemerintah, khususnya Kementerian Pertanian.
 
“Misalnya dengan program cetak sawah. Mencetak sawah untuk wilayah Kalimantan Tengah yang masih berupa hutan jelas tidak cocok. Kita harus melihat kondisi alam. Di sini yang cocok adalah mencetak ladang, bukan mencetak sawah. Itu yang kami rekomendasikan kepada Menteri Pertanian agar lebih jeli mengembangkan program dengan melihat kondisi di lapangan agar tepat sasaran, ” tuturnya.
 
Kegembiraan siswa diakhir dialog makin lengkap. Mereka mendapat satu paket buku dari sekretariat DPR seperti buku Empat Pilar, GBHN, dan UUD 1945 versi amandemen. Bahkan mereka juga mendapat sertifikat atas partisipasi dalam sosialisasi ini.
 
Plakat kenangan ini juga diberikan langsung oleh Rahmat kepada kepala sekolah yang diteruskan kepada Wali Kelas XII MIPA-3, Seliwati, S.Pd. “Saya sangat senang dapat bertemu langsung dengan anggota DPR RI dan TV Parlemen. Ini merupakan kesempatan berharga karena kami telah mendapat pengetahuan langsung tentang tugas DPR,” kata Christin Saragih, siswi kelas XII MIPA-3.
 
Seusai dialog, Rahmat Nasution beserta rombongan menuju tempat tinggal salah satu siswa dari keluarga tidak mampu di Jalan Tingang 7B untuk menyerahkan bantuan. Bantuan ini merupakan wujud uluran kepedulian yang diharapkan sering dilakukan. Semoga wakil rakyat tetap melayani dan dekat dengan rakyat. (MC. Isen Mulang/engga)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan