Anak TK Katimpun Dikenalkan dengan Benda Sejarah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anak-anak TK Petuk Katimpun dikenalkan dengan benda-benda sejarah yang tersimpan di Museum Balanga, Jalan Tjilik Riwut Km 2, Kota Palangka Raya, Jumat (30/11/2018).

Dari Km 10 Kelurahan Petuk Katimpun, mereka diangkut menggunakan dua angkutan kota. Di tengah cuaca mendung dan kadang rintik hujan, tapi tidak menyurutkan semangat mereka untuk pergi ke museum.

Di museum kebanggaan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ini para anak TK diperlihatkan berbagai benda sejarah peninggalan nenek moyang suku Dayak.

Mulai dari senjata tradisional seperti mandau, alat berburu, pakaian adat, rumah adat, termasuk adat istiadat dari berbagai sub suku Dayak Kalimantan Tengah.

Dalam kunjungan belajar ini para guru dan anak-anak TK mendapatkan pendampingan dari petugas museum untuk memberikan penjelasan mengenai asal usul benda sejarah yang disimpan di sini.

Kunjungan belajar ini bagi anak TK merupakan momen yang menggembirakan, karena selain mereka bisa melihat benda sejarah juga sekaligus untuk bermain.

Sebagian dari anak TK dan para guru mengabadikan momen ini untuk foto bersama dengan back groud di dalam museum dan sebagian lainnya juga foto bersama di luar gedung. 

Kunjungan belajar ke museum ini berakhir pukul 11.30 WIB. Selanjutnya diakhir kunjungan Kepala TK Katimpun, Eling mengatakan bahwa dengan mengunjungi museum anak-anak tidak hanya dapat memahami ilmu atau sebuah teori lisan saja, namun mereka juga dapat memahami secara visual dan kontak fisik langsung sehingga  pemahaman mereka tentang sejarah akan lebih bertambah. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan